Find Us On Social Media :

Mencengangkan! HILL ASEAN Ungkap Fandom Terbesar di Indonesia, Ternyata Bukan K-Pop ataupun Anime Jepang

By Ragillita Desyaningrum, Jumat, 20 Mei 2022 | 09:30 WIB

Forum HILL ASEAN ke-8, Into the Fandom – How Tribes of Fans will be the Next Power in Society?

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Dengan banyaknya budaya populer dari luar, masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah K-popers ataupun Wibu.

Banyak yang mengira bahwa K-popers dan Wibu merupakan dua fandom terbesar yang ada di Indonesia.

Padahal, faktanya bukanlah demikian.

Kehadiran fandom, terlebih di ASEAN bukan hal yang baru.

Namun, dengan kondisi pandemi Covid-19, jumlah orang yang mengikuti komunitas fandom meningkat secara signifikan karena masyarakat menjadi lebih punya banyak waktu di rumah dan mencari cara yang paling memungkinkan untuk mengakses hal yang mereka sukai dan memenuhi afirmasi diri.

Melalui forum yang bertajuk Into the Fandom – How Tribes of Fans will be the Next Power in Society, Hakuhodo Institute of Live and Living ASEAN (HILL ASEAN) mengungkapkan fandom terbesar yang ada di Indonesia.

Menurut hasil penelitian, fandom tersebut adalah fandom memasak, lalu diikuti dengan fandom games, dan yang ketiga baru fandom K-Pop.

Penelitian ini sendiri dilakukan melalui metode kuantitatif dan kualitatif mulai dari September 2021 hingga Januari 2022.

Sebaliknya, di ASEAN sendiri, tiga fandom terbesar yang paling banyak diikuti selama pandemi adalah K-Pop, game, dan memasak.

 Baca Juga: HILL ASEAN Ungkap Kekuatan dan Manfaat Fandom, Bisa Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik dan Lebih Berarti

Bagi masyarakat ASEAN, bergabung dalam fandom merupakan salah satu bentuk dalam memenuhi kebutuhan untuk memiliki hubungan/bersosialisasi dengan orang lain.