Find Us On Social Media :

Kominfo Ancam Blokir WhatsApp, Twitter, Instagram dkk, Ternyata Ini Penyebabnya

By Rizqy Rhama Zuniar, Minggu, 17 Juli 2022 | 12:37 WIB

Kominfo ancam blokir WhatsApp, Instagram, Twitter dan paltform digital lainnya.

Laporan Wartawan Grid.ID, Rizqy Rhama Zuniar

Grid.ID - Heboh kabar di media sosial mengenai Kominfo yang ancam akan blokir WhatsApp, Instagram, Twitter, dan beberapa paltform digital lainnya.

Kominfo kabarnya juga akan memblokir sejumlah paltform media sosial, seperti TikTok dan Facebook.

Tak hanya itu saja, Kominfo juga ancam akan memblokir portal pencarian Google, aplikasi Telegram, serta platform OTT Netflix.

Lalu, apa penyebab Kominfo ingin memblokir sejumlah platform digital tersebut?

Kabar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ancam blokir sejumlah platform digital ini sebenarnya sudah berhembus sejak beberapa bulan lalu.

Melansir dari Kompas.com, pada Juni lalu, pemerintah melalui Kemkominfo mengancam akan memblokir sejumlah platform digital asing.

Adapun platform digital asing yang dimaksud, yakni seperti Google, Facebook, WhatsApp, dan lainnya. 

Juru bicara Kominfo, Dedy Permadi mengatakan, pemblokiran ini dilakukan jika para Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang ada di Indonesia tidak segera melakukan pendaftaran ke Kemkominfo hingga 20 Juli 2022. 

"PSE Lingkup Privat, baik domestik maupun asing, yang tidak melakukan pendaftaran hingga tanggal 20 Juli 2022 akan dilakukan pemutusan akses oleh Kementerian Kominfo," kata Dedy yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com (17/7/2022).

Baca Juga: Generasi Muda Rentan Terpapar Hoaks, Jubir Kominfo: Mari Sikapi Hoaks dengan Cerdas

Maka dengan demikian, sejuumlah paltform digital asing pun terancam akan diblokir Kominfo jika tidak segera melakukan pendaftaran hingga 20 Juli mendatang.