Find Us On Social Media :

HUT RI ke-77 di Depan Mata, Benarkah Kemerdekaan Indonesia Merupakan Hadiah dari Jepang? Ahli Sejarah Ini Bongkar Fakta Mengejutkan yang Jarang Ditemui di Buku Pelajaran

By Mentari Aprelia, Sabtu, 13 Agustus 2022 | 06:30 WIB

Kini bangsa Indonesia rayakan HUT RI ke-77, begini suasana saat proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945

Laporan Wartawan Grid.ID, Mentari Aprellia

Grid.ID - Pada 17 Agustus 2022 ini, bangsa Indonesia merayakan HUT RI ke-77.

Sukacita perayaan HUT RI ke-77 sudah tampak di mana-mana, apalagi tahun ini adalah pertama kalinya bangsa Indonesia kembali bisa merayakannya secara meriah setelah sebelumnya dihantam pandemi Covid-19.

Namun, ternyata dalam perayaan HUT RI ke-77 ini belum banyak yang tahu sejarah sebenarnya tentang kemerdekaan Indonesia.

Ada yang menyebut bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hadiah dari Jepang.

Akan tetapi, ada pula yang menyebut kemerdekaan tanah air adalah hasil usaha bangsa Indonesia sendiri.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (12/8/2022), kesempatan Indonesia untuk merdeka memang terbuka saat Jepang mengalami kekalahan di Perang Dunia II.

Jepang yang kala itu menjajah Indonesia pun membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Zyunbi Iinkai pada 7 Agustus 1945.

Entah tujuannya memang untuk membantu Indonesia atau sengaja menarik simpati rakyat Indonesia untuk membantu Jepang dalam melawan Sekutu.

Untuk keperluan membentuk PPKI tersebut, pada 8 Agustus 1945 tiga orang tokoh pendiri negara, yaitu Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, dan Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat.

Mereka bertiga berangkat menemui Jenderal Besar Terauchi, Saiko Sikikan di Saigon.

Dalam pertemuan tersebut, Ir. Soekarno diangkat sebagai Ketua PPKI dan Mohammad Hatta sebagai wakilnya.