Find Us On Social Media :

Innalillahi, Indonesia Berpotesi Diterjang Tsunami Lebih Dahsyat dari Aceh 18 Tahun Lalu, Inilah Titik Lokasinya

By None, Kamis, 3 November 2022 | 07:00 WIB

Ilustrasi tsunami .

Grid.ID - Innalillahi, penelitian terbaru menyebut Indonesia berpotensi diterjang tsunami lebih dahsyat dari Aceh 18 tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, musibah Tsunami Aceh yang terjadi pada Minggu (26 Desember 2004) silam menjadi salah satu bencana alam dahsyat di Indonesia.

Namun ternyata Indonesia berpotensi diterjang tsunami lebih dahsyat daripada di Aceh kala itu.

Dimana titik lokasinya?

Sebuah laporan ilmiah mengungkapkan ada wilayah Indonesia yang menyimpan sumber potensial gempa megathrust.

Wilayah itu meliputi selatan Jawa bagian barat dan tenggara Sumatera.

Kekuatan gempa itu diperkirakan mencapai magnitudo 8,9 dan dapat memicu tsunami hingga 34 meter. Ketinggian tsunami itu bahkan melebihi tsunami Aceh pada 2004 silam.

Peneliti University of Cambridge, Pepen Supendi mengatakan, gempa itu akibat pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempeng Sunda.

Laporan penelitian yang tertulis pada 1 November 2022 itu menyebut adanya potensi bencana alam gempa dan tsunami akibat megathrust diperkirakan terjadi di selatan Jawa bagian barat dan tenggara Sumatera.

Zona gempa di selatan Jawa bagian barat dan tenggara Sumatera diketahui sangat aktif akibat pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempeng Sunda.

Peristiwa megathrust besar yang terkait dengan proses ini dikhawatirkan menimbulkan bahaya gempa bumi dan tsunami besar bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga: Dulu Terjerat Utang dan Huni Rumah Bantuan Tsunami, Pasutri Crazy Rich Aceh Ini Kini Punya Istana Mewah, Doyan ke Luar Negeri