Find Us On Social Media :

Disfungsi Keluarga, The Wandering Hadirkan Getirnya Hidup dan Rumitnya Cinta

By Nira Emily, Senin, 21 November 2022 | 16:30 WIB

Grid.ID - Film Jepang karya sineas Sang Il Lee berjudul Wandering atau The Wandering Moon menghadirkan tiga bintang baru yakni Suzu Hirose, Tori Matsuzaka, serta Ryusei Yokohama.

Wandering sebenarnya telah rilis di negara asalnya pada Mei 2022 dan mendapatkan kritik positif dari pemerhati film.

Meski menghadirkan pemain baru, film Wandering tetap didukung oleh orang-orang terbaik dibidangnya.

Diantaranya adalah,Tata musik dipoles Marihiko Hara, dan Sinematografinya digarap Hong Kyung Pyo yang mendunia bersama Parasite, film terbaik Oscar 2020.

Film Wandering berkisah tentang Pria berusia 19 tahun, Fumi Saeki (Tori Matsuzaka) bertemu Sarasa Kanai (Tamaki Shiratori) yang tak berani pulang. Hujan turun dengan deras. Fumi menudungi Sarasa dengan payung lalu menawarkan berteduh di rumahnya.

Suatu hari, saat bermain di danau, polisi menangkap Fumi. Sarasa dikembalikan ke keluarga. Perpisahan ini berlangsung dramatis. Fumi diseret ke pengadilan dengan tuduhan sebagai pedofil.

Kini, 15 tahun berlalu. Sarasa (Suzu Hirose) yang bekerja di restoran siap menikah dengan anak orang kaya, Ryo (Ryusei Yokohama). Suatu malam, Sarasa diajak rekan kerjanya, Kanako (Shuri) ngopi di sebuah kedai dengan suasana tak biasa.

Tertarik, keduanya ngopi bareng. Alangkah syok Sarasa mengetahui pemilik kedai adalah Fumi, yang kini tak mengenalinya. Penasaran, Sarasa menyelidiki pria dari masa lalu tersebut. Yang ini pun bukan tanpa risiko.

Film yang tayang di Klikfilm ini bercerita tentang penokohan yang dibangun dengan alur maju mundur efektif mengunci atensi penonton. Pasalnya, Wandering tipe film yang tak menjelaskan siapa protagonis dan antagonis. Masa lalu tokoh seperti formasi kulit bawang. Tipis. Rentan robek. Berlapis.

Baca Juga: Lee Seung Gi Buktikan Profesionalitas, Tetap Fokus Selesaikan Syuting Film di Tengah Skandal Agensi

Makin dikuliti, makin mata tak bisa menahan tangis. Pasalnya, Wandering adalah pertemuan orang-orang dengan hidup kelam. Bahkan Ryo yang mentereng pun tak kalah kelam. Kanako yang “hore” banget ternyata single parent dan memilih enjoy dengan jalan yang ekstrem.

Pertemuan orang-orang pahit ini menciptakan bom waktu yang siap meledak di babak akhir. Alur film ini lambat namun detail. Perkara naik tangga hingga menunduk saja, dibingkai dengan teliti dan diberi waktu untuk membangun mood.

Saing Il Lee membuat intisari dunia Wandering lewat sinematografi yang cenderung remang-remang. Siang dibuat murung karena mendung. Senja tak pernah muncul dengan lanskap surya terbenam. Benderang hanya muncul sekelebat.