Find Us On Social Media :

Ricky Rizal Disebut Masih Menutup-nutupi Kasus Dugaan Pembunuhan Berencana Brigadir J, Majelis Hakim: Ingat Anak dan Istrimu

By Corry Wenas Samosir, Senin, 5 Desember 2022 | 15:34 WIB

Terdakwa Ricky Rizal jadi saksi di sidang Bharada E atau Richard Eliezer terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J di PN Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Corry Wenas Samosir

Grid.ID - Terdakwa Ricky Rizal jadi saksi di sidang Bharada E atau Richard Eliezer terkait kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J.

Namun dalam sidang Majelis Hakim menilai kesaksian Ricky Rizal tidak masuk akal.

Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso pun meminta Ricky untuk berkata jujur. Sebab jika Ricky Rizal berbohong justru akan memperberat hukumannya.

Selain itu hakim mengingatkan Ricky jika ada keluarga yang mendoakannya agar hukumannya diringankan.

"Cobalah kamu ingat anak istrimu. Mereka di sana mendoakan semoga kamu bisa mendapatkan keringanan, tapi dengan begini kamu mencoba mengaburkan semua peristiwa itu," ujar Majelis Hakim Wahyu Iman dalam sidang di PN Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

"Saya ingatkan kepada saudara, saya ndak butuh pengakuan saudara karena dari awal jelas, kasus ini terbuka bisa sampai lanjut persidangan ini, karena kesaksian dari Eliezer. Bukan kesaksian dari saudara," ucap.

"Tapi kalau cara mu berbohong seperti ini, saya cuma ingetin saudara kasihan anak istrimu di rumah paham?" imbuhnya.

Hakim menilai, Ricky masih berusaha menutup-nutupi peristiwa yang sesungguhnya terjadi.

Terlebih, dalam pengakuannya saat diperiksa Propam Polri juga Ricky mengikuti skenario Ferdy Sambo.

“Kamu menutupi segala sesuatu yang sudah terjadi, masih kamu tutupin di persidangan ini. Kalau saudara bercerita begitu, bagaimana saudara bercerita di depan Provos, skenario seperti itu. Bahwa saudara menghindar saat saudara Richard menembak-nembak dengan Yosua. Bagaimana saudara bisa bercerita seperti itu? Dari awal saudara sudah tahu skenarionya seperti ini,” ucap Wahyu.

"Dari peristiwa saudara meninggalkan rumah Magelang sampai di rumah Saguling, itu cerita saudara sudah tidak masuk di akal. Kami mengingatkan keterangan saksi-saksi lain. Saudara ini hanya bersaksi untuk mereka berdua. Tapi seolah-olah saudara ingin tidak terlibat. Saudara nggak tahu apa-apa, kalau ngomong kaya gitu seharusnya dari awal saudara ngaku ini loh faktanya seperti ini, tapi kan saudara ikut membuat skenario ini, benar nggak?” tambahnya.