Find Us On Social Media :

Ferdy Sambo Gugat Presiden Jokowi dan Kapolri karena Tak Terima Dipecat dari Polri, Mahfud MD: Itu Gimik Saja

By Mia Della Vita,None, Jumat, 30 Desember 2022 | 17:07 WIB

Ferdy Sambo dan Mahfud MD

Grid.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berkomentar soal gugatan yang dilayangkan Ferdy Sambo kepada Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Diberitakan sebelumnya, Ferdy Sambo menggugat Jokowi dan Listyo Sigit Prabowo karena tidak terima dipecat atau diberhentikan secara tidak hormat dari Polri.

Mengenai sikap eks Kadiv Propam Polri itu, Mahfud MD mengaku heran.

"Dia sudah mengatakan, ketika dia banding 'apapun keputusan banding saya terima', kok sekarang menggugat?" ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu menilai gugatan tersebut semacam upaya Sambo untuk mengalihkan perhatian publik dari perkara pidananya.

"Menurut saya itu gimik saja, sudah selesai kok dan itu hukum administrasi, bukan hukum pidana," tandas Mahfud.

Diberitakan sebelumnya, Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo melayangkan gugatan terhadap Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo hingga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Gugatan itu dilayangkan Ferdy Sambo ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) DKI Jakarta.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam laman sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) Jakarta dengan register 476/G/2022/PTUN_JKT tertanggal 29 Desember 2022.

"Penggugat Ferdy Sambo, Tergugat 1. Presiden Republik Indonesia, 2. Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri)," tulis pada laman SIPP PTUN Jakarta, dikutip pada Kamis (29/12/2022).

Dalam gugatan itu, kubu Ferdy Sambo melayangkan empat poin untuk majelis hakim PTUN DKI Jakarta.

Baca Juga: Richard Eliezer Ikuti Perintah untuk Tembak Brigadir J, Kuasa Hukum Ferdy Sambo: Mengorbankan Pihak Lain Dengan Alasan Perintah Jabatan