Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Beri Dukungan bagi Mereka yang Didiagnosis Kanker Seperti Nunung?

By Nana Triana, Rabu, 15 Februari 2023 | 14:28 WIB

Komedian Nunung

Grid.ID - Kabar yang kurang menggenakkan datang dari komedian Tri Retno Prayudati atau akrab disapa Nunung Srimulat. Pelawak senior yang kerap mengundang gelak tawa dengan candaannya tersebut didiagnosis menderita kanker payudara.

Saat diundang menjadi bintang tamu di program podcast milik Ruben Onsu, Nunung menceritakan awal mula dia divonis kanker payudara. Nunung mengatakan, awalnya ia memang rutin ke rumah sakit untuk periksa darah karena riwayat penyakit yang dialaminya selama ini.

“Sebelum didiagnosis oleh dokter, saya sudah ada riwayat penyakit yang mungkin selama ini juga enggak saya ceritakan. Kayak ini nanti saya harus cek darah setiap bulan,” ujar Nunung dikutip dari kanal YouTube MOP Channel, Jumat (3/2/2023).

Usai cek darah, Nunung ternyata dinyatakan dokter mengidap kanker payudara. Wanita berusia 59 tahun ini mengaku sangat sedih ketika dokter memberitahu bahwa ia mengidap kanker payudara.

Baca Juga: Hotman Paris Turun Tangan Kawal Kasus Bayi yang Jarinya Putus Imbas Kelalaian Perawat, sang Pengacara Kondang Tegaskan Soal Hal Ini

“Tiba-tiba ada sakit baru yang didiagnosis, ada kanker payudara, ya pastinya saya sedih. Tapi saya enggak boleh marah. Saya cuma berkata dalam hati ‘ya Allah ujian apalagi yang harus saya jalani.’ Saya percaya Allah bakalan beri yang terbaik untuk saya,” kata Nunung.

Nunung mengatakan, kini selain harus menyembuhkan penyakit-penyakit yang sudah lama diidapnya, ia juga harus menjalani pengobatan untuk kanker payudara.

“Jadi itu masih harus menyembuhkan penyakit-penyakit saya yang ada, tapi harus didiagnosis baru lagi saya kena kanker,” tutur Nunung.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak di dunia termasuk di Indonesia. Bahkan, sebanyak 2,3 juta perempuan di dunia didiagnosis kanker payudara. Di Indonesia, ada sekitar 65.858 kasus kanker payudara. 

Baca Juga: Ramalan Shio Hari Ini Senin 6 Februari 2023, Shio Kelinci Harus Bahagia, Jangan Pikirkan Hal Negatif!

Selain itu, menurut Kemenkes, sebanyak 60 sampai 70 persen pasien kanker payudara di Indonesia didiagnosis pada stadium lanjut yang mengakibatkan kualitas hidup dan kesintasan menjadi rendah.

Pentingnya dukungan keluarga dan sosial