Find Us On Social Media :

Cerita Pilu Tim Penyelamat Evakuasi Anak-anak, Terdengar Jeritan Minta Tolong dari Bawah Reruntuhan Gedung

By Mia Della Vita,None, Rabu, 8 Februari 2023 | 12:17 WIB

Pemerintah Turki dan Suriah masih terus bekerja keras mengevakuasi para korban gempa, termasuk anak-anak dan balita yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Grid.ID- Pemerintah Turki dan Suriah masih terus bekerja keras mengevakuasi para korban gempa, termasuk anak-anak dan balita yang tertimbun reruntuhan bangunan.

Diketahui pada Senin (6/2/2023) pagi, Turki diguncang gempa dashyat berkekuatan magnitudo 7,8.

Setelahnya, Turki diguyur salju dan cuaca ekstrem membuat proses evakuasi sedikit terhambat.

Kendati demikian, tim dan warga setempat tak berhenti menyusuri puing – puing mencari korban di beberapa lokasi padat penduduk.

Dalam video amatir yang dibagikan Reuters terlihat tim penyelamat tengah mengevakuasi seorang balita perempuan berusia satu tahun.

Dengan tubuh yang penuh dengan luka balita berbaju putih tersebut tampak diselamatkan dari puing-puing bangunan yang runtuh di Azaz Suriah, setelah gempa susulan terus melanda Turki dan Suriah pada Senin.

Momen dramatis juga terekam di kota Urfa Turki, yang secara resmi dikenal sebagai Sanlıurfa, dalam cuplikan video berdurasi enam detik yang dibagikan netizen Twitter dengan akun @ ZiaUlla78414856 tampak seorang pria muncul dari lubang di tanah sambil membopong salah satu anak korban reruntuhan gempa.

Muhammet Fatih Yavuz salah satu warga di kota Adana, Turki menuturkan mendengar teriakan minta tolong korban selamat dari bawah reruntuhan setelah tiga bangunan di dekat rumahnya roboh, pasca gempa besar melanda wilayahnya.

Puluhan penduduk di ibu kota Damaskus Turki tampak berhamburan di jalanan, mereka berteriak membangunkan orang-orang yang masih tidur untuk segera mengevakuasi diri dengan meninggalkan bangunan yang ditinggalinya, seperti yang dikutip dari The Christian Science Monitor.

Imbas guncangan gempa yang berpusat di provinsi Kahramanmaras di tenggara Turki, tercatat ada lebih dari 3.800 orang dinyatakan tewas dalam kejadian itu sementara 14.500 orang terluka dan 4.900 bangunan rata dengan tanah akibat gempa.

“Setidaknya 1.444 orang tewas 3.411 jiwa terluka di seluruh wilayah Suriah. Sementara di Turki, jumlah korban tewas bertambah menjadi 2.379 orang dan jumlah korban luka tembus 12.000 jiwa pada Senin (6/2/2023).” ujar pemerintah dan otoritas penyelamat setempat.

Baca Juga: Viral Pria Sudah Prediksi Gempa Turki 3 Hari Sebelum Terjadi, Sosoknya Ternyata Bukan Orang Sembarangan