Find Us On Social Media :

Mahfud MD Yakin Ferdy Sambo Tidak Akan Dieksekusi Mati, Begini Prediksi Nasib Akhir Suami Putri Candrawathi

By Mia Della Vita,Grid., Senin, 20 Februari 2023 | 16:39 WIB

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD buka suara soal vonis hukuman mati Ferdy Sambo.

Grid.ID - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD buka suara soal vonis hukuman mati Ferdy Sambo.

Mahfud MD meyakini bahwa Ferdy Sambo tidak akan dieksekusi mati, meski sudah divonis hukuman mati oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tempo lalu.

Keyakinan Mahfud MD ini berdasarkan pada akan diberlakukannya KUHP baru atau Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana pada tahun 2026.

Dalam KUHP baru tersebut, kata dia, termuat pasal yang memungkinkan vonis mati yang telah dijatuhkan turun menjadi hukuman seumur hidup, apabila seorang terpidana mati dianggap berkelakuan baik.

Di samping itu, kata dia, masih ada upaya hukum lain yang bisa ditempuh oleh Sambo, di antaranya banding atau kasasi, sehingga masih ada kemungkinan vonis yang dijatuhkan bisa berubah.

Akan tetapi, lanjut dia, vonis hukuman mati yang telah dijatuhkan di pengadilan tingkat pertama tersebut penting sebagai bukti formal.

Hal tersebut disampaikannya saat menjawab pertanyaan jurnalis senior Andy F Noya dalam acara bertajuk Kick Andy-Mahfud Cari Panggung? yang diunggah di kanal Youtube Metro TV pada Minggu (19/2/2023).

"Hukumannya hukuman mati, tapi tidak akan dieksekusi," kata Mahfud dikutip Senin (20/2/2023).

Ia menduga, Sambo akan meninggal di penjara dengan vonis penjara seumur hidup.

Namun demikian, ia menyerahkan kepada hakim yang memutus perkara Sambo nantinya.

"Saya akan menduga dia akan meninggal di penjara, seumur hidup. Tapi terserah hakim saja ya. Anda (Andy) jangan bilang lagi, wah ini sudah mempengaruhi, karena anda tanya lho ini."

Baca Juga: Inilah Jawaban Kejagung RI Terkait Kapan Ferdy Sambo Akan Dieksekusi Mati