Find Us On Social Media :

Tak Tinggal Diam, UII Bentuk Tim Khusus untuk Sikapi Dugaan Perilaku Indisipliner Dosen Ahmad Munasir, akan Kena Sanksi?

By Citra Widani, Sabtu, 25 Februari 2023 | 14:51 WIB

Dosen UII Yogyakarta bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) sebelumnya sempat dikabarkan hilang kontak usai mengikuti kegiatan mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN).

Laporan Wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menduga bahwa dosen Ahmad Munasir Rafie Pratama telah melakukan tindakan indisipliner dengan mengubah penerbangan ke Amerika secara diam-diam tanpa memberitahu keluarga dan pihak kampus. 

Melalui rilis resminya, UII mengatakan bahwa pihaknya akan membentuk tim khusus guna menyikapi perilaku Ahmad Munasir yang telah membuat huru-hara di publik dan meninggalkan tanggung jawabnya sebagai dosen.

Lantas, akankah Ahmad mendapatkan sanksi dari pihak kampus?

Sejauh ini, UII menyampaikan bahwa pihaknya akan menganalisa dan mencermati terlebih dulu apakah perilaku Ahmad telah memenuhi unsur diberikannya sanksi.  

"UII sebagai organisasi publik yang mengedepankan nilai-nilai tata kelola yang baik memiliki tanggung jawab untuk memberikan perlakuan yang adil dan setara kepada seluruh sivitas berdasar pada regulasi yang berlaku di UII."

"Tindakan AMRP mengalihkan perjalanan ke Amerika Serikat tanpa pemberitahuan kepada UII sejak 12 Februari 2023 patut diduga sebagai tindakan indisipliner karena telah meninggalkan tanggung jawab yang menyebabkan dampak terhadap tata laksana organisasi. Untuk melakukan verifikasi atas dugaan tersebut UII akan membentuk tim berdasarkan regulasi yang berlaku di UII," ujar Rektor UII, Fathul Wahid melalui pernyataan tertulis dikutip dari laman resmi kampus. 

Di sisi lain, UII juga turut mendoakan dan siap memberikan pelayanan kesehatan untuk Ahmad Munasir yang mengaku pergi ke Amerika karena kondisi kesehatannya memburuk.

"UII telah mencermati alasan kondisi kesehatan AMRP yang menjadi penyebab pengalihan rute penerbangan ke Amerika Serikat dan disampaikan melalui penjelasan AMRP di dalam balasan email. Pesan yang diterima UII dari AMRP juga termasuk permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari AMRP kepada Rektor dan seluruh sivitas akademika UII atas kegaduhan yang muncul di publik terkait permasalahan ini.

"UII mendoakan semoga AMRP lekas mendapatkan kembali kesehatan yang prima. UII akan memberi pendampingan dan dukungan layanan kesehatan bagi AMRP, apabila diperlukan," sambung Fathul Wahid. 

Kronologi Hilang

Dosen Ahmad Munasir Raffi Pratama yang merupakan dosen dari Fakultas Teknik Industri (FTI) UII hilang saat melakukan aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN).