Find Us On Social Media :

Soroti Bahasa Tubuh Mario Dandy Satriyo, Pakar Mikro Ekspresi Sebut Tersangka Penganiayaan Tak Takut Polisi

By Grid., Minggu, 26 Februari 2023 | 11:27 WIB

Mario Dandy, anak petinggi Ditjen Pajak yang melakukan penganiayaan

Grid.ID - Pakar mikro ekspresi menemukan hal menarik saat membaca bahasa tubuh Mario Dandy Satriyo (20), pelaku penganiayaan yang viral di media sosial.

Dalam video penganiayaan yang viral di media sosial itu, Mario Dandy Satriyo (20) sempat berkata bahwa dirinya tak takut dilaporkan ke polisi.

Sontak, ucapan Mario Dandy Satriyo yang merupakan anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) ini mengejutkan banyak pihak.

Dikutip TribunWow dari Kompastv, analisis ini disampaikan oleh pakar mikro ekspresi Monica Kumalasari.

Monica membandingkan sikap tubuh Dandy dengan tersangka Shane Lukas yang terus menunduk ketika dihadirkan dalam konferensi pers oleh pihak kepolisian.

"Ekspresi yang bersifat genuine adalah ekspresi yang ditampilkan otot-otot wajah kita. Kita memiliki 43 muscles di wajah yang itu bertanggung jawab atas apa yang dirasakan seseorang,” kata Monica dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Sabtu (25/2/2023).

"Yang kita lihat di sini adalah mulai dari gestur yang bersangkutan, itu menunjukkan high power pulse. Kemudian juga dari ekspresinya tidak menunjukkan ketakutan atau kesedihan karena telah menyebabkan suatu kerugian bagi banyak orang,” lanjutnya.

Monica melihat tak ada rasa empati dari diri Dandy ketika yang bersangkutan dihadirkan di muka publik.

"Ini menunjukkan yang bersangkutan ini masih berani menghadapi publik, dan bila rekamannya (yang beredar) benar bahwa yang bersangkutan mengatakan tidak takut dilaporkan ke polisi, konsisten dengan apa yang ditunjukkan saat ini,” kata Monica.

Sebagai informasi, korban DA (17), anak pengurus GP Ansor ternyata sempat mengalami perundungan sebelum dianiaya oleh Dandy hingga koma.

Baca Juga: Belasan Karangan Bunga Permintaan Penahanan AG Kekasih Mario Dandy Pelaku Penganiayaan Disorot, Ini Pesan Lengkapnya!

Dilansir TribunWow.com, Sabtu (25/2/2023), terungkap fakta bahwa Dandy melakukan perpeloncoan kepada korban.