Find Us On Social Media :

KPK Sebut Ada Geng Rafael Alun Trisambodo di Ditjen Pajak, Begini Komentar Wakil Menteri Keuangan

By Mia Della Vita,Grid., Kamis, 2 Maret 2023 | 18:21 WIB

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara buka suara soal isu adanya geng Rafael Alun Trisambodo (RAT) di lingkungan Direktorat Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Grid.ID - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara buka suara soal isu adanya geng Rafael Alun Trisambodo (RAT) di lingkungan Direktorat Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Suahasil mengaku tidak mengetahui secara pasti adanya geng berdasarkan harta di Ditjen Pajak, sebagaimana yang dimaksud Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ia hanya tahu soal anomali LHKPN pejabat di Kemenkeu.

"Soal geng-gengan yang saya dengar hanya hartanya," kata Suahasil dalam Konferensi Pers di Jakarta, dikutip Kamis (2/3/2023).

Saat ditanya lebih lanjut, Wakil Menteri Keuangan itu enggan membeberkan secara rinci.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan setelah Rafael Alun Trisambodo, akan ada pihak lain yang menyusul untuk diperiksa untuk menjelaskan asal usul harta kekayaannya.

Namun sebelum ke tahap tersebut, KPK akan terlebih dahulu melihat dan mempelajari pola pengaturan harta kekayaan yang dilakukan oleh geng Rafael Alun di lingkup Kementerian Keuangan.

"Kita pastikan sesudah yang bersangkutan pasti ada lagi. Karena kita dengar juga ada geng-nya, ada ini itu, tapi kan kita perlu tahu polanya," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan dalam konferensi pers, Rabu (1/3/2023).

Menurut Pahala, mempelajari pola keuangan yang dilakukan geng Rafael bukan perkara yang sederhana.

Pasalnya mereka yang menjadi calon terperiksa adalah orang-orang yang paham dan terbiasa dalam pengelolaan keuangan.

Geng tersebut kata Pahala, dipastikan memahami bagaimana cara pengelolaan keuangan agar tak terlihat mencurigakan.

Baca Juga: KPK Gali Sumber Harta Rafael Alun, Bisa 4 Kali Lebih Besar dari Dirjen Pajak, Ternyata Punya Saham di 6 Perusahaan