Find Us On Social Media :

Cuma 3 Bahan! Petani Alami Klaten (KOMPAK) Binaan Danone - AQUA Bagikan Racikan Pupuk Organik, Hemat Ratusan Ribu!

By Annisa Marifah, Kamis, 13 Juli 2023 | 13:11 WIB

Petani yang memanen beras sehat

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Marifah

Grid.ID - Tak hanya mendukung kesehatan masyarakat dengan menyediakan produk air mineral berkualitas, Danone-AQUA juga ikut berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

Danone - AQUA melakukan aktivitas konservasi di kawasan hulu sampai hilir Sungai Pusur.

“Awalnya, kelompok-kelompok masyarakat melakukan upaya pelestarian sungai Pusur secara parsial belum terintegrasi," kata Muslim Afandi, Sekretaris Jenderal Pusur Institute.

"Namun dengan semakin nyatanya permasalahan air di kalangan masyarakat, kami sadar, diperlukan upaya kolektif multipihak yang terintegrasi, dari mulai hulu hingga hilir untuk menjaga kelestarian sungai Pusur," sambungnya.

"Dengan upaya kolektif yang terintegrasi, ada rasa kebersamaan untuk menjaga satu sama lain, sehingga seluruh upaya dapat memberikan dampak nyata bagi lingkungan di sepanjang DAS Pusur sekaligus memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat,” sambungnya.

Pabrik Danone-AQUA Klaten mengembangkan Program Tata Kelola Irigasi Berbasis Masyarakat di wilayah Sub DAS Pusur.

Adanya program ini, Danone -AQUA memfasilitasi petani di wilayah hilir sub DAS Pusur untuk mengelola irigasi dan memperbaiki sistem pertanian mereka.

Para petani yang gembira bisa memanen padi dengan hasil hampir mencapai 6 ton pun membagikan suka duka dalam menanam beras sehat.

Pada hari kedua Media Trip Danone - AQUA, Rabu (12/7/2021), petani lokal mengaku memakai pupuk organik racikan sendiri.

Dengan racikan ini, petani mengklaim bahwa ia bisa menghemat ratusan ribu rupiah yang biasanya dialokasikan untuk pupuk kimia.

Baca Juga: Komitmen Danone - AQUA Kelola Sub DAS Pusur dari Hulu Sampai Hilir, Ini Deretan Upaya Kolaboratif Gandeng Masyarakat!