Find Us On Social Media :

PERJUANGAN Forum Relawan Irigasi (FRI) Jogo Toya Kamulyan Bergandengan dengan Danone - AQUA Kelola Saluran Irigasi

By Annisa Marifah, Kamis, 13 Juli 2023 | 14:11 WIB

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Danone Indonesia.

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Marifah

Grid.ID - Tak hanya ikut mewujudkan kesehatan dengan menyediakan air mineral, Danone - AQUA juga bergandengan dengan masyarakat menjaga lingkungan sekitar.

Di DAS Pusur, Danone-AQUA memfasilitasi pembentukan Forum Relawan Irigasi (FRI) ataudikenal dengan nama Jogo Toya Kamulyan.

Salah satu aktivitas kerja sama antara Danone-AQUA dengan FRI di antaranya melakukan aktivitas pembersihan sedimen dan sampah di saluran irigasi primer, sekunder, dan tersier.

Hal ini dilakukan untuk memastikan air dapat terdistribusi dengan baik hingga ke wilayah hilir yang memiliki panjang hingga 3,6 km.

Program kolaborasi ini bertujuan untuk mengelola jaringan irigasi seluas 300 ha atau 53% dari wilayah hilir DAS Pusur yang tidak mendapatkan aliran irigasi.

“Kerja sama Danone-AQUA dengan Jogo Toya Kamulyan ini membantu petani dalam irigasilahan pertanian dengan melakukan perbaikan 7.786 m saluran, 22 pintu air, menjadwalkanpembagian air secara daring," kata Karyanto Wibowo, Sustainable Development Danone Indonesia.

"Memperbaiki pola tanam petani, menerapkan pertanian regeneratif, membentuk forum irigasi antar desa di tujuh desa untuk mengelola irigasi secara kolaboratif," sambungnya.

"Sehingga memberikan solusi dari permasalahan kelangkaan air persawahan di musimkemarau, hingga merawat jaringan irigasi serta pengendalian banjir di musim hujan,” lanjutnya.

Sementara itu Martono, salah satu warga sekitar mengungkap bahwa adanya program dari Danone - AQUA ini memberikan inspirasi untuk masyarakat sekitar dalam acara Media Trip Danone -Aqua yang digelar pada Rabu (13/7/2023).

"Benar-benar memberikan inspirasi ke desa yang dulu hanya istilahnya hanya tulisannya saja tapi tidak berjalan," kata Martono.

Baca Juga: Komitmen Danone - AQUA Kelola Sub DAS Pusur dari Hulu Sampai Hilir, Ini Deretan Upaya Kolaboratif Gandeng Masyarakat!