Find Us On Social Media :

Persaingan Live Shopping Sengit, Shopee Live Jawara Ungguli Semua Pesaingnya

By Yussy Maulia, Selasa, 19 September 2023 | 10:11 WIB

Ilustrasi live shopping.

Grid.ID – Belakangan ini, bisnis live shopping atau berjualan melalui platform live streaming sedang naik daun. Hal ini terbukti dari maraknya penjual yang berlomba-lomba mempromosikan produk mereka lewat fitur live streaming yang tersedia di berbagai platform e-commerce.

Dari banyaknya platform live shopping yang tersedia, sebuah survei berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang dilakukan Populix mengungkapkan platform live shopping paling populer.

Survei yang dilakukan pada Juni 2023 tersebut menunjukkan bahwa 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering mereka gunakan. Angka itu disusul oleh TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan LazLive (2 persen).

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat (top of mind) dengan perolehan suara 60 persen responden. Sementara TikTok Live (30 persen), LazLive (4 persen), dan Tokopedia Play (2 persen).

Baca Juga: Bikin Gempar! Aurel Hermansyah Jual Lebih dari 16.000 Produk di Shopee Live pada Kampanye Shopee 9.9

Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee Live berhasil mencatatkan jumlah transaksi sebesar 56 persen dalam 6 bulan terakhir. Lalu, TikTok Live menyusul dengan persentase 30 persen, Tokopedia Play sebesar 8 persen, dan LazLive 6 persen.

Tak hanya unggul dari jumlah transaksi rata-rata, Shopee Live juga unggul pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue) dengan nilai 54 persen. Kemudian, ada TikTok dengan nilai 31 persen, Tokopedia Play 10 persen, dan LazLive 6 persen.

Promo dan diskon pengaruhi minat belanja

Ternyata, keunggulan Shopee Live di mata masyarakat Indonesia tak terlepas dari promo dan diskon harga yang dihadirkan. Masih dengan survei yang sama, ternyata sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh enam aspek.

Aspek tersebut adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).

Pada survei tersebut, Shopee Live menghadirkan enam aspek tersebut sehingga disukai oleh banyak masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Flash Sale Mobil 9RB di Shopee Live bareng Sarwendah Diikuti 180RB Orang Secara Bersamaan!