Find Us On Social Media :

Persaingan Live Shopping Sengit, Shopee Live Jawara Ungguli Semua Pesaingnya

By Yussy Maulia, Selasa, 19 September 2023 | 10:11 WIB

Ilustrasi live shopping.

Grid.ID – Belakangan ini, bisnis live shopping atau berjualan melalui platform live streaming sedang naik daun. Hal ini terbukti dari maraknya penjual yang berlomba-lomba mempromosikan produk mereka lewat fitur live streaming yang tersedia di berbagai platform e-commerce.

Dari banyaknya platform live shopping yang tersedia, sebuah survei berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang dilakukan Populix mengungkapkan platform live shopping paling populer.

Survei yang dilakukan pada Juni 2023 tersebut menunjukkan bahwa 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering mereka gunakan. Angka itu disusul oleh TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (4 persen), dan LazLive (2 persen).

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat (top of mind) dengan perolehan suara 60 persen responden. Sementara TikTok Live (30 persen), LazLive (4 persen), dan Tokopedia Play (2 persen).

Baca Juga: Bikin Gempar! Aurel Hermansyah Jual Lebih dari 16.000 Produk di Shopee Live pada Kampanye Shopee 9.9

Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee Live berhasil mencatatkan jumlah transaksi sebesar 56 persen dalam 6 bulan terakhir. Lalu, TikTok Live menyusul dengan persentase 30 persen, Tokopedia Play sebesar 8 persen, dan LazLive 6 persen.

Tak hanya unggul dari jumlah transaksi rata-rata, Shopee Live juga unggul pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue) dengan nilai 54 persen. Kemudian, ada TikTok dengan nilai 31 persen, Tokopedia Play 10 persen, dan LazLive 6 persen.

Promo dan diskon pengaruhi minat belanja

Ternyata, keunggulan Shopee Live di mata masyarakat Indonesia tak terlepas dari promo dan diskon harga yang dihadirkan. Masih dengan survei yang sama, ternyata sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh enam aspek.

Aspek tersebut adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).

Pada survei tersebut, Shopee Live menghadirkan enam aspek tersebut sehingga disukai oleh banyak masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Flash Sale Mobil 9RB di Shopee Live bareng Sarwendah Diikuti 180RB Orang Secara Bersamaan!

Oleh karena itu, sejalan dengan survei tersebut, pada puncak kampanye 9.9 Shopee Shopping Day 2023, penonton Shopee Live melonjak tujuh kali lipat dengan jumlah produk terjual lebih dari 30 kali lipat dari hari biasa.

Seperti diketahui, pada puncak festival belanja tersebut, Shopee Live menghadirkan beragam promo dan program Flash Sale besar-besaran yang sukses menarik minat banyak pengguna Shopee.

Tak hanya itu, Shopee Live juga menggaet sejumlah artis papan atas untuk meramaikan sesi live di Shopee Live. Sebut saja, Ruben Onsu, Sarwendah, dan Aurel Hermansyah yang sukses menjadi Top Streamers di Shopee Live.

Dalam puncak kampanye 9.9 Shopee Shopping Day 2023, Ruben Onsu melalui toko @Ruben_Onsu di Shopee mencatatkan rekor baru dengan perolehan omzet hingga Rp 16 miliar.

Sementara itu, Sarwendah melalui toko @Sarwendahofficial di Shopee sukses memandu program Flash Sale 9RB Mobil Toyota di Shopee Live yang sempat viral di media sosial. Bahkan, penonton sesi live yang digelar Sarwendah mencapai 180.000 orang.

Baca Juga: Berhasil Checkout Mobil Avanza Rp 9 Ribu di Flash Sale Shopee Live, Endang: Saya Stay dari Jam 8

Kemudian, ada juga Aurel Hermansyah yang berhasil menjual lebih dari 16.000 produk dalam beberapa jam saja melalui toko @TokoMamaNur di Shopee. Tentu saja kesuksesan itu tak lepas dari pembawaan Aurel yang seru dan heboh selama sesi live berlangsung.

Selain ketiga Top Streamers tersebut, sejumlah bintang papan atas juga turut meramaikan sesi live shopping di Shopee Live, seperti Raffi Ahmad, Baim Wong, Nikita Mirzani, Atta Halilintar, Lesti Kejora, dan Keanu Agl.

Tak ketinggalan, ada juga dr Richard Lee yang menghebohkan jagat media sosial karena berhasil menembus omzet hingga 5,5 miliar hanya dalam 1,5 jam saat menjajal Shopee Live secara perdana pada awal September 2023.

Menjadi pilihan brand lokal

Kesuksesan Shopee Live sebagai platform live shopping paling digemari masyarakat Indonesia rupanya juga menarik minat penjual untuk mulai berjualan di platform tersebut.

Pada kampanye 9.9 Shopee Shopping Day 2023 saja, Shopee Live mencatat adanya kenaikan jumlah streamer seller hingga 5 kali lipat

Sejumlah brand lokal pun mencatatkan pencapaian positif pada kampanye belanja tersebut. Salah satunya, brand kecantikan BHUMI yang berhasil meningkatkan omzet hingga 27 kali lipat berkat melakukan penjualan di Shopee Live.

Baca Juga: Berkat JKT48, Shopee Live Erigo Raup Rp 5 Miliar dalam Waktu Kurang dari 10 Menit!

Selain itu, ada juga brand fashion pria Geoff Max yang menjadikan live shopping di Shopee Live sebagai salah satu strategi bisnisnya tahun ini. Beruntungnya, Geoff Max mencatatkan transaksi hingga 130 kali lipat di Shopee Live selama kampanye belanja 9.9 berlangsung.

Tak dapat dimungkiri, adanya interaksi antara penonton dengan seller secara real-time menjadi salah satu daya tarik live shopping. Jadi, pembeli dapat bertanya mengenai produk yang mereka minati. Kemudian, penjual dapat menjelaskan produk secara detail dan meyakinkan pembeli terkait kualitas produknya.

Pencapaian positif dengan berjualan di Shopee Live juga dirasakan brand fashion lokal Eiger pada kampanye Shopee 8.8 2023. Eiger mengalami peningkatan penjualan hingga 16 kali lipat melalui Shopee Live.

Brand lokal Erigo juga tak kalah inovatif. Untuk meramaikan sesi live-nya di Shopee Live, Erigo menghadirkan Zee JKT48 dan Raffi Ahmad sebagai host. Hasilnya, brand tersebut menembus omzet hingga 5 milyar dalam waktu kurang dari 10 menit.

Pencapaian serupa juga dirasakan oleh brand lokal Tally yang berkolaborasi dengan Sarwendah. Melalui sesi live yang berlangsung meriah, Tally berhasil mencetak peningkatan omzet hingga 75 kali lipat di Shopee Live.

Di tengah fenomena belanja online yang semakin lumrah di kalangan masyarakat Indonesia, live shopping menghadirkan pengalaman jual-beli yang lebih interaktif dan menguntungkan penjual maupun pembeli.

Pengalaman Shopee sebagai e-commerce dalam mempelajari kebiasaan belanja masyarakat Indonesia sekaligus terus berinovasi menjadi salah satu kunci keunggulan Shopee Live sebagai platform live shopping yang paling digemari.