Find Us On Social Media :

Peluncuran dan Bincang Buku Luhut Binsar Pandjaitan Menurut Kita-Kita

By Grid., Sabtu, 30 September 2023 | 09:27 WIB

Grid.id - Bertempat di Gramedia Matraman, Jakarta, buku Luhut Binsar Pandjaitan Menurut Kita-Kita telah resmi diluncurkan.

Buku ini terbit berdekatan dengan ulang tahun ke-76 Luhut Binsar Pandjaitan. Peter F. Gontha, salah satu penulisnya, menggagas penulisan buku ini agar publik bisa lebih adil mengapresiasi kiprah dan jiwa patriotisme salah satu putra terbaik bangsa ini.

Tak kurang 80 narasumber dari berbagai bidang, mulai dari karyawan, kolega, sahabat, keluarga, tokoh nasional, sampai mereka yang kritis terhadap Luhut Binsar Pandjaitan, menuangkan pandangan dan pemikiran mereka tentang sosok Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ini.

Dua di antaranya, yaitu Hotman Paris Hutapea dan Jodi Mahardi, turut hadir dalam peluncuran buku yang diikuti dengan diskusi buku tersebut.

Menurut Hotman Paris, salah satu kehebatan Luhut Binsar Pandjaitan yang jarang dimiliki orang adalah kemampuan berpikir out of the box dalam menemukan solusi.

Kemampuan itulah yang membuatnya selalu berhasil menjalankan tugas-tugas yang diberikan Presiden.

Jodi Mahardi, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, melihat Luhut Binsar Pandjaitan sebagai sosok yang berorientasi pada tujuan.

Baca Juga: Ditarik Naik Kereta Kuda Ala Royal Wedding Versi Jawa, Luhut Binsar Pandjaitan Disambut Riuh Warga Solo di Acara Kirab Kaesang-Erina

Cercaan bahkan hinaan tak pernah diacuhkannya. Luhut Binsar Pandjaitan pernah berkata kepadanya bahwa risiko seorang pejabat publik adalah dikritik atau bahkan dimaki atas keputusannya.

Namun, yang tidak bisa diterima adalah kalau kritik itu justru menjadi fitnah, terlebih fitnah terhadap diri dan keluarga.

Pandangan-pandangan menarik lainnya terhadap Luhut Binsar Pandjaitan juga terungkap di buku ini.

Susilo Bambang Yudhoyono memandang Luhut Binsar Pandjaitan sebagai bukan hanya a man of ideas, tetapi juga a man of actions.