Find Us On Social Media :

Beri Panggung untuk UMKM Lokal, Shopee Hadirkan Serangkaian Program Keren Ini

By Fathia Yasmine, Jumat, 13 Oktober 2023 | 15:02 WIB

Pemilik toko Monica The Label, Monica Kumala

Grid.ID – Seiring dengan berkembangnya teknologi, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kini punya banyak opsi untuk berjualan. Salah satunya, memanfaatkan e-commerce seperti Shopee untuk menggaet lebih banyak pembeli.

Sebagai platform yang banyak digunakan UMKM, Shopee pun ikut memberi dukungan dengan menghadirkan berbagai program pelatihan, diantaranya Kampus Shopee dan Program Ekspor Shopee.

Kampus Shopee dihadirkan di 10 kota besar di Indonesia. Beberapa di antaranya, Solo, Bandung, Medan, Jakarta, Malang, Bali, Samarinda, dan Yogyakarta.

Para seller UMKM bisa menikmati pelatihan gratis, serta menggunakan berbagai fasilitas pendukung  seperti studio foto dan studio live streaming di Kampus Shopee. 

Baca Juga: Punya Misi Go Global, Pengusaha Sepatu asal Bogor Tembus Pasar Ekspor Bareng Shopee!

Selama dua tahun terakhir, fasilitas ini juga sudah berhasil mendampingi puluhan ribu seller UMKM, dengan pertumbuhan hingga dua kali lipat. Beberapa diantaranya bahkan sudah berhasil menjual produk mereka ke luar negeri.

Sejalan dengan program Kampus Shopee, Program Ekspor Shopee pun terus digalakkan agar lebih banyak seller memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi di pasar Internasional.

Adapun langkah ini tecermin melalui program “Gerakan Ekspor Serentak di 10 Kota” yang berhasil melatih 1.000 UMKM. Lewat program ini, para peserta diberikan pelatihan intensif seputar seluk beluk berjualan online dan cara mengekspor produk.

Untuk memastikan kelancaran proses impor ini, Shopee juga ikut menyediakan gudang ekspor yang berlokasi di Jakarta Barat.

Baca Juga: Dukung Batik Mendunia, Shopee Pertegas Komitmen Tingkatkan Ekspor UMKM Lokal

Gudang yang diresmikan oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan ini mampu memproses puluhan ribu produk UMKM yang telah dipesan ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Keberhasilan Shopee dalam mendukung kiprah UMKM bahkan diakui oleh pemilik toko Monica The Label, Monica Kumala.