Find Us On Social Media :

Yogurt Sehat Untuk Menu Sarapan, Ini Fakta yang Diungkap Dokter

By Alfa Pratama, Jumat, 20 Juli 2018 | 10:12 WIB

Dari berbagai penelitian, yogurt atau susu fermentasi ini memiliki sederet manfaat seperti menyehatkan pencernaan hingga mencegah hipertensi.

Grid.ID - Menu sarapan seseorang yang tidak melakukan diet dengan yang sedang melakukan diet biasanya berbeda.

Saat melakukan diet, jumlah kalori dan nutrisi pada makanan yang akan dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi sehat untuk diet harus lebih memperhatikan.

Salah satu menu sarapan yang tepat adalah yougurt, minuman susu yang sudah difermentasi sehingga lebih baik untuk sistem pencernaan.

Kandungan bakteri baik di dalam yoghurt tak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga menurunkan risiko obesitas, mencegah penyakit jantung hingga berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga : Jangan Melewatkan Sarapan Hanya Demi Diet, Ini Faktanya dan Solusinya

Bahkan, konsumsi yogurt yang dikombinasikan dengan asupan bernutrisi seperti buah dan sayur terbukti meningkatkan respon imun pada sistem pencernaan sehingga menurunkan resiko terserang penyakit saluran pencernaan seperti kanker kolon, diare, penyakit radang usus dan infeksi bakteri lain yang pertumbuhannya dapat dihambat.

Menurut Dr. Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK, yang dikutip dari Kompas.com, studi yang menggunakan yogurt menunjukkan manfaat kesehatan yang menjanjikan untuk kondisi pencernaan, termasuk lactose intolerant, konstipasi, diare, kanker kolon, dan penyakit radang usus, infeksi helicobacter pylori, hingga alergi.

Manfaat tersebut didapat dari bakteri asam laktat (BAL) pada yoghurt yang mendorong kinerja usus atau saluran pencernaan yang lebih optimal.

“Yogurt memiliki sifat antimutagen dan antikarsinogen, bakteri asam laktat yang ada dalam yoghurt terbukti dapat menurunkan risiko kanker, karena bakteri asam laktat membantu mengaktifkan sistem imun dan menghambat pertumbuhan sel kanker,” jelas dr. Marya.

Baca juga : Selain Buat Miss V Jadi Sehat, Ternyata Yogurt Juga Bisa Kasih Manfaat ini loh