Find Us On Social Media :

Beredarnya Hoaks Stiker Call Mandiri di ATM,Bank Indonesia Klarifikasi

By None, Kamis, 9 Agustus 2018 | 10:34 WIB

Beredar kabar mengenai stiker bisa rekam PIN, ini klarifikasi BI

Grid.ID - Di era yang semakin modern, semua orang bebas menggunakan media sosial dalam bentuk apa pun.

Namun, jika tak disiasati dengan cermat ada saja pihak yang malah memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang merugikan banyak orang.

Belum lama, telah beredar pesan berantai yang menyebutkan agar setiap orang berhati-hati saat bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Utamanya untuk ATM yang terdapat stiker "Call Mandiri" diikuti pencantuman nomor telepon.

Dalam pesan itu disebutkan, bahwa mesin ATM yang ditempel stiker seperti itu dapat merekan PIN serta berisi program tertentu yang bisa menguras saldo rekening nasabah.

(Baca Juga: Doyan Makan tapi Ingin Badan Tetap Ideal? Ikuti Langkah Ini, Yuk!)

Di media sosial, banyak warganet yang mempertanyakan kebenaran berita tersebut.

"Apabila Anda punya rekening Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA, dan ingin ambil uang di ATM, sedangkan di ATM ada stiker Call Mandiri dengan No. Telp 021 33131777, jangan masukkan kartu ATM Anda.

Cabut stiker itu, karena stiker itu dapat merekam PIN Anda juga berisi program untuk menguras saldo rekening dalam mesin ATM.

Mohon disebarkan ke tema-teman dan family. Itu adalah sindikat baru di Jakarta, Jogja, Surabaya, dan Medan. Sudah banyak korban. Semoga bermanfaat.

Ini info valid karena hari ini terjadi kegaduhan di RSCM Jakarta, banyak pegawai dan dokter RSCM rekening Mandiri ditarik dalam jumlah besar padalah mereka tidak bertransaksi.

Akhirnya Bank Mandiri mengganti mesin ATM tersebut. Berita ini ada di Liputan 6 SCTV tadi malam (mohon di perhatikan). Infokan ke teman, saudara, dll."