Find Us On Social Media :

Dana Desa Bantu Desa Sumber Urip Kelola Sumber Daya Alamnya yang Berlimpah

By Corry Wenas Samosir, Rabu, 24 Oktober 2018 | 10:34 WIB

Taman Wisata Alam Bukit Kaba Dekat dengan kawasan yang berada di dekat Kawah Gunung Kaba

Laporan Wartawan Grid.ID, Corry Wenas Samosir

Grid.ID - Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu, Kabupaten Rejang Lebong merupakan salah satu desa wisata di Provinsi Bengkulu.

Desa dengan luas wilayah 650 KM persegi, jumlah penduduk 2.395 dan 745 KK ini, memiliki tempat wisata alam menarik dan bisa dinikmati bagi wisatawan yang menyukai panorama alam.

Lokasinya berada di ketinggian tak jauh dari gunung yang masih aktif, yaitu Taman Wisata Bukit Kaba atau Gunung Kaba.

Baca Juga : Punya Konsep Unik, Yuk Intip Rumah Mandra Si Doel Anak Sekolahan!

Tempat wisata Desa Sumber Urip juga tak bisa dilepaskan dari peran BUMDes Urip Jaya yang telah mengelola Taman Wisata Bukit Kaba sejak akhir tahun 2017.

BUMDes Urip Jaya dibentuk melalui pemanfaatan dana desa, dan berperan dalam mengelola Taman Wisata Alam Bukit Kaba. Pengelolaan desa wisata oleh BUMDes Urip Jaya ini telah berhasil membuka lapangan kerja untuk para pemuda desa yang sebelumnya bekerja serabutan. Mereka dilibatkan penuh dalam pengelolaan Taman Wisata Alam Bukit Kaba ini.

Baca Juga : Evi Masamba Bikin Pangling Dalam Upacara Adat Mappacci

"Kami memberdayakan masyarakat untuk mengelola Gunung Bukit Kaba, seperti para pemuda desa dan buruh tani agar mereka memiliki pemasukan tambahan," ungkap Sigit Widianto, Ketua BUMDes Desa Sumber Urip, saat berbincang dengan Grid.ID di Kantor BUMDes Urip Jaya.

“Sekarang dengan adanya pengelolaan wisata, banyak para pemuda desa dilibatkan langsung agar mereka bisa memiliki penghasilan tambahan. Pengelolaan Taman Wisata Alam ini juga sudah berhasil memberikan pemasukan untuk BUMDes sebesar Rp. 15 juta per bulan" sambungnya.

Sampai saat ini anggota yang mengelola Taman Bukit Kaba sudah berjumlah 60 orang pemuda desa.