Find Us On Social Media :

Ini Dia Sederet Uji Kelaikan Sebelum Toyota Sienta Melesat di Jalan Raya

By Dianita Anggraeni, Jumat, 9 November 2018 | 16:12 WIB

Toyota Sienta

Grid.ID - Tahukah kamu, kalau Toyota sudah memproduksi Sienta di Indonesia? Tepatnya di fasilitas produksi Karawang Plant 2, di Karawang, Jawa Barat, bersanding dengan model lain, seperti Vios dan Yaris.

Fasilitas ini bernaung di bawah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang secara total punya lima fasilitas produksi, termasuk juga di Sunter, Jakarta Utara. Selain merakit mobil, fasilitas ini juga memproduksi mesin bensin dan diekspor ke manca negara.

Kembali membahas Sienta, model global ini menjadi produk keenam yang diproduksi lokal secara utuh oleh TMMIN. Indonesia juga dipilih sebagai negara kedua setelah Jepang yang boleh memproduksi Sienta, dengan beragam pertimbangan, salah satunya kualitas yang dihasilkan pastinya.

Baca Juga : Sienta Menjadi Bukti Kualitas Toyota Indonesia di Dunia

Sekarang, kalau masih ada yang meragukan kualitas Sienta yang diproduksi di Indonesia, sebaiknya berpikir ulang. Sebab, bisa dipastikan kalau Sienta buatan Indonesia punya kualitas ciamik, seperti yang “dilahirkan” Jepang.

Alasannya, karena seluruh produk Toyota memiliki kualitas global yang sama. Sienta memang lebih dulu dipasarkan di Jepang, namun bukan berarti bisa langsung masuk atau diproduksi di Indonesia begitu saja.

Bernuansa Lokal

Sama seperti pabrik Toyota di jepang, TMMIN juga mempraktikan pengetesan yang super ketat buat Sienta, sampai akhirnya dipasarkan dan diterima oleh konsumen.

Jadi, TMMIN lebih dulu melakukan beberapa penyesuaian item yang akan mereka produksi di Indonesia, termasuk Sienta. Jadi supaya model global ini bisa bernuansa lokal dan sesuai dengan kondisi lingkungan di Indonesia, diberikanlah sentuhan-sentuhan local environment dan geografis lokal (Indonesian taste). Termasuk dilakukan beberapa tes kondisi lokal.

Lalu, selanjutnya masuk pada tahapan persiapan produksi, yakni production trial atau bisa juga disebut percobaan produksi Sienta. Proses ini juga tidak sembarangan dan butuh waktu cukup panjang. Biasanya, sekitar setengah tahun (6 bulan), sampai akhirnya produksi massal sudah oke, kemudian masuk tahapan confirmation stage.

Baca Juga : Quality Control Super Ketat Buat Toyota Sienta