Find Us On Social Media :

Mengenal Sistem Amplop Uang Tunai, Cara Sederhana Menghemat Uang

By Vregina Voneria Palis, Kamis, 13 Mei 2021 | 15:00 WIB

Ilustrasi sistem amplop

Parapuan.co - Kawan Puan, jika kamu merasa kesulitan untuk menganggarkan dan menghemat uang, ada satu teknik yang bisa coba kamu terapkan yakni sistem amplop uang tunai.

Walaupun sekarang ini zaman sudah sangat modern dan ada banyak sekali aplikasi pengatur keuangan pribadi yang bisa kamu coba.

Namun, tidak ada salahnya kok untuk kembali ke hal yang basic dan mencoba sesuatu yang sederhana seperti sistem amplop ini.

Baca Juga: Agar Mudah Menyesuaikan Diri, Coba Lakukan 5 Perubahan Ini dalam Hidupmu Ketika Masuk Usia 30-an

Terlebih jika Kawan Puan tertarik dengan versi penganggaran uang yang lebih “fisik” dan bukan digital, maka sistem ini sangat tepat.

Sistem amplop adalah sistem di mana pengeluaran kita dikategorikan ke dalam beberapa amplop, seperti amplop dana senang-senang, amplop tabungan, amplop uang sewa rumah dan seterusnya, sesuai kebutuhan Kawan Puan.

Sistem amplop ini mencoba untuk mengontrol pembelian impulsif dan membantu kamu untuk hidup sesuai kemampuan keuangan.

Baca Juga: Rayakan Lebaran Virtual, Berikut 4 Ide Berbagi THR Unik Selain Uang Tunai

Jika Kawan Puan pernah merasa bingung atau bertanya-tanya ke mana uang yang kamu hasilkan selalu habis, sistem ini sangat berguna untuk melacak pengeluaran.

Dengan menggunakan metode amplop, kita bisa melacak pengeluaran dan mengetahui dengan tepat di mana kita perlu memotong anggaran kamu lebih banyak.