Find Us On Social Media :

Catat! Ini 5 Tanda Kamu Siap Membeli Rumah dengan Mengajukan KPR

By Aghnia Hilya Nizarisda, Minggu, 11 Juli 2021 | 15:50 WIB

Ada tanda kamu siap membeli rumah dan mengajukan KPR.

Parapuan.co - Rumah menjadi salah satu kebutuhan setiap orang, sekalipun kamu belum berkeluarga. Tak heran jika membeli rumah menjadi tujuan sebagian orang.

Akan tetapi, harga rumah makin hari seakan makin mahal. Bahkan, jika Kawan Puan terus menunda untuk membeli rumah, di kemudian hari makin mahal harganya.

Namun membeli rumah tetap perlu pertimbangan dan rupanya ada beberapa tanda kamu siap mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Pasalnya, butuh uang ratusan juta jika Kawan Puan ingin membeli rumah. Bahkan, jika ingin mengajukan KPR, kamu harus siap dengan cicilannya tiap bulan.

Minimal kamu perlu mengalokasikan 30 persen dari gaji atau penghasilan untuk cicilan KPR. Ini memang batas idealnya agar keuanganmu tetap sehat.

Selain itu, melansir Kompas.com, ada beberapa tanda siap mengajukan KPR yang bisa menjadi pedomanmu. Jika ingin membeli rumah, apakah tanda berikut ini sudah kamu penuhi?

Baca Juga: Ini 4 Jenis Program KPR yang Sudah Disiapkan Pemerintah

Bebas dari utang 

Sebelum Kawan Puan memutuskan untuk membeli rumah KPR, pastikanlah untuk mengecek kondisi keuangan sebelum mengajukannya.

Bila kamu sudah bebas dari utang dan tidak memiliki utang sama sekali, maka kamu dapat mengajukan KPR.

Harus begitu karena kamu akan membayar cicilan KPR rumah sekitar 30 persen dari gajimu. Misal gajimu Rp5 juta, artinya alokasi untuk KPR rumah ialah sekitar Rp1,5 juta.

Toh, ingatlah selain cicilan KPR rumah, Kawan Puan tetap perlu memenuhi kebutuhan bulanan lain seperti makan dan minum, tagihan listrik dan air, hingga kuota internet.