Find Us On Social Media :

Ternyata Ini Alasan Penampilan Menarik jadi Syarat Rekrutmen Karyawan

By Arintha Widya, Rabu, 1 September 2021 | 15:55 WIB

Ilustrasi rekrutmen: Benarkah penampilan menarik jadi pertimbangan utama HRD saat rekrutmen?

Parapuan.co - Penampilan menarik sering jadi syarat dalam proses perekrutan karyawan.

Walau tidak berlaku di semua jenis pekerjaan atau perusahaan, syarat penampilan menarik tampaknya menjadi momok tersendiri bagi pencari kerja.

Pasalnya meski tidak tertulis dalam syarat pada informasi lowongan kerja, terkadang penampilan menarik menjadi salah satu preferensi HRD ketika merekrut karyawan.

Proses rekrutmen dengan syarat semacam itu rupanya tidak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan juga sejumlah negara lain.

Namun, benarkah HRD atau perekrut menjadikan penampilan sebagai hal pertama yang dipertimbangkan dalam menjaring karyawan?

Baca Juga: Ingin CV Menarik Perhatian HRD? Cobalah 3 Hal Ini agar Sukses

Pertanyaan tersebut dijawab oleh sebuah survei yang dilansir dari vulcanpost terhadap sejumlah HRD yang bekerja di Singapura.

Dari tujuh HRD yang menjadi narasumber, lima di antaranya mengaku bahwa mereka mempertimbangkan penampilan dalam proses perekrutan karyawan.

Meski demikian, para HRD tersebut tidak menyebutkan secara spesifik penampilan menarik seperti apa yang dimaksud.

Misalnya untuk perempuan perlu tinggi semampai dan berambut lurus. Sedangkan untuk laki-laki harus berbadan tinggi tegap.

Narasumber menegaskan kalau mereka juga melihat apakah kandidat terlihat menyenangkan saat dipandang dan tampil enerjik, atau malah sebaliknya.