Find Us On Social Media :

5 Manfaat Donor Darah bagi Pendonor, Baik untuk Kesehatan Jantung

By Ericha Fernanda, Jumat, 17 September 2021 | 14:15 WIB

Manfaat mendonorkan darah bagi diri sendiri dan orang lain

Parapuan.co - Dalam rangka menyambut Hari Palang Merah Nasional setiap 17 September, apakah kamu sudah berencana untuk donor darah?

Pasalnya, tidak hanya untuk si penerima darah, ada 5 manfaat donor darah bagi pendonor yang bisa kamu rasakan secara langsung ataupun tidak.

 

Selain itu, tentu kita tahu donor darah bisa menyelamatkan nyawa dan menyambung hidup orang yang sangat membutuhkan.

Tentu saja, apabila kamu ingin donor darah selalu pastikan kondisi kesehatanmu terlebih dahulu, ya. Tidak mungkin mendonorkan darah saat kondisi tubuh sendiri sedang sakit.

Baca Juga: Ingin Donor Darah? Konsumsilah 5 Makanan Penambah Sel Darah Merah Ini

Melansir Medical News Today, manfaat donor darah bagi pendonor itu ada banyak, mulai dari mengidentifikasi kesehatan tubuh, kesehatan jantung, bahkan tekanan darah.

1. Mengidentifikasi efek kesehatan yang merugikan

Sebelum mendonorkan darah, kamu akan dipastikan untuk melakukan pemeriksaan fisik sederhana dan tes darah.

Nah, dampak positif dari donor darah ialah membantu mengidentifikasi masalah kesehatan yang tidak diketahui, seperti anemia dan tekanan darah tinggi atau rendah.

Pemeriksaan fisik sederhana termasuk tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, hemoglobin atau zat besi, dan kadar gula dalam darah.

Jika tes mengungkapkan masalah, kamu tidak dapat mendonorkan darah. Namun, hasilnya bisa menjadi langkah pertamamu untuk mencari pengobatan.