Find Us On Social Media :

Hindari Burnout, Ikuti 5 Cara Menetapkan Batasan Sehat di Tempat Kerja

By Ardela Nabila, Minggu, 28 November 2021 | 20:58 WIB

Cara membuat batasan di tempat kerja.

Parapuan.co - Menciptakan lingkunga kerja yang positif dan kondusif sangat penting dilakukan, termasuk dengan menetapkan batasan. 

Batasan ini bisa membantumu memutuskan mana yang bisa dan tak bisa kamu harapkan dari atasan maupun rekan kerja.

Ketika kamu tidak memiliki batasan yang jelas di tempat kerja, karyawan lain tidak akan tahu hal apa saja yang bisa kamu terima, sehingga rentan menimbulkan konflik.

Namun sayangnya, banyak karyawan yang merasa kesulitan membuat batasan di tempat kerja lantaran takut dianggap arogan atau salah.

Melansir Glassdoor, berikut ini 5 cara membuat dan menciptakan batasan dengan rekan kerja dan atasan di kantor.

Baca Juga: Terlalu Banyak Rapat Online saat WFH, Kenali Kondisi Meeting Overload

1. Evaluasi nilai pribadi

Sebelum membuat batasan, sebaiknya Kawan Puan membuat evaluasi nilai-nilai pribadi yang kamu pegang.

Mencari tahu hal apa saja yang penting untukmu dan bisa membantu kamu membangun sistem yang mendukung kebutuhan serta keinginan pribadi secara lebih mudah.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin menghabiskan waktu dengan keluarga, maka sebaiknya hindari membawa pekerjaan pulang ke rumah.

Jika pekerjaanmu mengharuskan kamu untuk terus bekerja meskipun sudah di rumah, kamu bisa mengatakan secara tegas ke atasan bahwa hal tersebut memengaruhi work-life balance kamu.