Find Us On Social Media :

Bisa Tingkatkan Produktivitas, Ini 6 Manfaat Membuat Batasan di Tempat Kerja

By Ardela Nabila, Senin, 29 November 2021 | 14:58 WIB

Manfaat membuat batasan di tempat kerja.

Parapuan.co - Menetapkan batasan dan bersikap profesional di tempat kerja sangat penting dilakukan. 

Sebagai seorang karyawan, kamu tentu harus menjalin hubungan baik dengan semua rekan kerja baik itu atasan, rekan bisnis, departemen lain sampai konsumen bisnis. 

Tentu akan ada tantangan yang dihadapi, dan jika tidak menetapkan batasan, maka akan rentan stres, konflik, bingung, hingga mempengaruhi produktivitas.

Batasan di tempat kerja dapat membantu karyawan punya hubungan kuat dengan orang-orang di sekitar lingkungan kerja.

Di samping itu semua, terdapat sejumlah manfaat lain dari membuat batasan di tempat kerja, Kawan Puan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasan di bawah ini, seperti dikutip PARAPUAN dari Chron.

Baca Juga: Hindari Burnout, Ikuti 5 Cara Menetapkan Batasan Sehat di Tempat Kerja

1. Menetapkan ekspektasi yang jelas

Manfaat paling menguntungkan dari menciptakan batasan di tempat kerja adalah ekspektasi yang jelas tentang segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

Ketika karyawan mengetahui hal apa saja yang dapat diterima di tempat kerja, mereka akan lebih mudah memenuhi ekspektasi itu.

Akan tetapi, saat batasan tersebut tidak jelas, maka mereka bisa secara tidak sengaja membuat kesalahan.

Misalnya, ketika jam kerja sehari-hari dimulai pukul sembilan dan berakhir di pukul lima, kemudian seorang rekan kerja terus mengadakan rapat di pukul enam, maka ia telah melanggar batasan yang kamu buat.

Saat kamu mengatakannya dengan jelas bahwa kamu tidak ingin menghadiri rapat di luar jam kerja, mereka tentunya dapat memahami bahwa ada batasan yang telah kamu tetapkan.