Find Us On Social Media :

Ingin Bisa Hidup Berkecukupan? Lakukanlah 7 Tips Atur Keuangan Ini

By Aghnia Hilya Nizarisda, Minggu, 3 April 2022 | 18:37 WIB

Ada sederet tips atur keuangan yang bisa diterapkan agar bisa hidup berkecukupan.

Parapuan.co - Literasi keuangan memiliki peran yang cukup besar terkait bagaimana kehidupan kamu saat ini hingga di masa depan.

Pasalnya, dengan literasi yang baik, kamu bisa hidup berkecukupan, tidak merasa kekurangan, dan dapat memenuhi segala yang dibutuhkan.

Pemahaman finansial yang baik dan ditambah dengan pengaplikasian yang tepat bisa membuatmu mencapai hidup berkecukupan, tanpa perlu jadi crazy rich.

Melansir Kompas.com, Executive Vice President, Wealth Management Head OCBC NISP Juky Mariska mengungkapkan ada tips yang perlu diterapkan agar pehamamanmu makin baik.

Sederet tips atur keuangan ini tak hanya membuat literasi keuanganmu semakin bagus, tetapi juga membuatmu merasa hidup berkecukupan. Apa saja?

1. Merencanakan keuangan setiap bulan

Tips selanjutnya ialah membiasakan diri merencanakan keuangan setiap bulan agar kamu bisa meraih hidup berkecukupan menurutmu.

Perencaan keuangan membuatmu lebih disiplin saat mengeluarkan uang karena kamu telah membuat alokasi seimbang untuk kebutuhan, keinginan, dan tabungan.

2. Menyiapkan tabungan untuk dana darurat

Baca Juga: Tak Selalu Berharap Gaji, Ini 5 Keuntungan Punya Pendapatan Pasif

Untuk hidup berkecukupan, salah satu literasi keuangan yang perlu kamu terapkan adalah menyiapkan tabungan untuk dana darurat.

Dana darurat ialah salah satu cara mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kebutuhan pengeluaran tidak terduga.