Find Us On Social Media :

Selain Modal, Ini 2 Penyebab Kegagalan Bisnis di Satu Tahun Pertama

By Dinia Adrianjara, Senin, 28 November 2022 | 21:40 WIB

Penyebab bisnis UMKM gagal

Parapuan.co - Menjalankan sebuah bisnis tentu tidak mudah dan akan dihadapkan pada sejumlah tantangan. 

Sebagai seorang pemilik bisnis ada beberapa kemampuan yang perlu dikuasai, seperti memprediksi risiko hingga memberi inovasi pada barang dan jasa. 

Banyak usaha kecil yang berkembang, namun tidak sedikit juga pebisnis yang gagal di satu hingga dua tahun pertama.

Data Small Business Administration mengungkap sekitar 50% bisnis bangkrut setelah lima tahun, dan hanya sekitar 33% yang berhasil. 

Untuk menjaga keberlangsungan bisnis baru maupun yang sudah mapan, setiap pebisnis perlu paham apa yang menyebabkan kegagalan bisnis, apa hambatan yang bisa dikelola, atau bahkan harus dihindari. 

Alasan paling umum kegagalan bisnis kecil antara lain kurangnya modal atau pendanaan, mempertahankan manajemen SDM, model bisnis yang salah, hingga strategi pemasaran yang kurang sesuai.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini empat penyebab kegagalan pada bisnis kecil yang umum terjadi, seperti dilansir dari Investopedia.

1. Kurangnya Dana atau Modal

Alasan utama usaha kecil gagal adalah kurangnya dana atau modal untuk perputaran bisnis.  

Baca Juga: 5 Langkah Mengubah Hobi Menjadi Bisnis yang Menguntungkan, Salah Satunya Mulai Promosi

Dalam banyak kasus, pemilik bisnis menyadari pentingnya modal untuk operasional sehari-hari termasuk untuk gaji, biaya overheard seperti sewa tempat, hingga membayar vendor. 

Tapi sebagian pebisnis kerap keliru menghitung berapa banyak pendapatan yang dihasilkan dari penjualan produk atau layanan.