Find Us On Social Media :

Apa Itu Resiliensi? Ini Pentingnya Ajarkan Anak Soal Ketangguhan

By Maharani Kusuma Daruwati, Minggu, 1 Oktober 2023 | 19:30 WIB

Ilustrasi orangtua mendidik anak mengenai resiliensi

Parapuan.co - Mendidik anak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Berbagai aspek penting perlu diperhatikan untuk mendidik dan memaksimalkan tumbuh kembang si kecil. 

Mengutip dari American Psychological Association (APA), masalah yang dihadapi anak-anak antara lain adalah beradaptasi dengan ruang kelas baru, perundungan (bullying) oleh teman sekelas, atau kekerasan di rumah, namun ketahanan adalah kemampuan untuk berkembang meskipun menghadapi tantangan-tantangan ini.

Resiliensi atau ketangguhan penting untuk diajarkan pada anak sejak dini.

Kita cenderung mengidealkan masa kanak-kanak sebagai masa tanpa beban, namun masa remaja saja tidak memberikan perlindungan terhadap luka emosional, tantangan, dan trauma yang dihadapi banyak anak.

Anak-anak dapat diminta untuk menghadapi masalah mulai dari beradaptasi dengan kelas baru atau sekolah online hingga perundungan oleh teman sebaya atau bahkan pergumulan di rumah.

Ditambah lagi dengan ketidakpastian yang merupakan bagian dari pertumbuhan di dunia yang kompleks, dan masa kanak-kanak bisa jadi tidak berarti apa-apa.

Kemampuan untuk berkembang meskipun menghadapi tantangan-tantangan ini muncul dari keterampilan ketahanan.

Kabar baiknya adalah keterampilan resiliensi dapat dipelajari.

Baca Juga: Tak Melulu Soal Uang, Ini 3 Tips Psikologi agar Sukses Dalam Hidup

Membangun ketahanan atau resiliensi, kemampuan untuk beradaptasi dengan baik terhadap kesulitan, trauma, tragedi, ancaman, atau bahkan sumber stres yang signifikan, dapat membantu anak-anak kita mengelola stres dan perasaan cemas serta ketidakpastian.