Parapuan.co - Kawan Puan, merasa kamu merasa takut setiap akan memulai bekerja? Kalau iya, mulai perhatikan kesehatan kamu, deh.
Apalagi selama bekerja dari rumah, kita menemui sejumlah tantangan yang enggak biasa. Mulai dari kendala sinyal hingga jenuh bekerja yang enggak bisa dihindari; mengingat kita dianjurkan untuk tetap di rumah.
Meski enggak terlihat, tetapi jika dibiarkan akan berbahaya. Yaps, takut saat akan mulai bekerja bisa berdampak serius pada kebahagiaan dan kesejahteraan kita, lho.
Jangan gegabah dengan berganti pekerjaan. Sebab kalau jenuh bekerja yang hanya disebabkan karena kelelahan di depan komputer, kita bisa mengatasinya.
Berganti pekerjaan menjadi opsi terakhir saat beberapa hal memang tidak bisa dipertahankan, ya.
PARAPUAN merangkum buat Kawan Puan, cara untuk merasa lebih baik dalam pekerjaan seperti dilansir dari Verywellmind. Intip selengkapnya, yuk!
Baca Juga: Hidup Tenang dengan Melepas Benci Pada Diri Sendiri, Ini 5 Tipsnya!
Fokus pada hal positif
Meskipun ada aspek pekerjaan yang membebani kamu secara mental, kamu bisa merasa lebih baik tentang pekerjaanmu dengan berfokus pada hal-hal yang kamu sukai.
Tanyakan ke dirimu sendiri mengenai tugas kerja apa yang paling kamu sukai. Adakah sesuatu yang membuatmu berharap dapat melakukannya lebih banyak dari pekerjaan itu. Terpenting tanya juga pada diri sendiri apa yang dapat kita pelajari dari pekerjaan kita.
Dengan pertanyaan itu, Kawan Puan bisa memikirkan setidaknya ada beberapa hal yang kamu sukai terkait pekerjaan.
Gunakan hal ini sebagai titik awal untuk menemukan cara berkembang secara profesional.
Mengambil tantangan baru juga bisa menjadi cara untuk membuat pekerjaanmu lebih menarik dan memungkinkan kamu bisa mendorong diri sendiri untuk mempelajari hal-hal baru.
Mulailah hari dengan suasana hati yang baik
Penelitian menunjukkan bahwa pekerja yang memulai hari dengan suasana hati yang baik cenderung lebih produktif dan positif sepanjang hari.
Kalau kamu memulai hari dengan rasa takut bekerja atau dengan suasana hati yang buruk, mungkin sisa hari itu tidak akan berjalan lebih baik.
Coba dengarkan podcast favorit yang menginspirasi sebelum memulai kerja.
Bisa juga menghirup udara segar, menyiapkan minuman favorit sebelum memulai WFH.
Ritual pagi hari menjadi penting karena dapat memberikan rasa nyaman untuk menenangkan tubuh dan pikiran kamu sebelum memulai kerja.
Baca Juga: Hidup Tenang dengan Melepas Benci Pada Diri Sendiri. Ini 5 Tipsnya!
Menemukan makna dalam pekerjaan
Salah satu cara untuk merasa lebih baik mengenai pekerjaan kamu adalah mencari letak dimana usaha yang kamu lakukan bisa membawa perbedaan.
Penelitian telah menemukan bahwa orang yang merasa bahwa pekerjaan mereka bermakna lebih terlibat dan produktif.
Membangun hubungan positif dengan rekan kerja dan klien, dan berfokus pada alasan mengapa kamu bekerja dapat membuatmu lebih termotivasi akan tujuan dan merasa puas.
Mengatur ruang kerja
Mengatur ruang kerja di rumah selama bisa memberikan efek psikologis yang positif buat kamu, lho.
Membuat perubahan kecil bisa membantu kamu merasa lebih baik tentang ruang tempat kamu menghabiskan sebagian besar hari untuk bekerja.
Kalau enggak ada ruang kerja di rumah, kamu bisa memanfaatkan ruang yang bisa dipakai untuk bekerja.
Pastikan ruang kamu bekerja terpisah dengan tempat tidur, supaya kamu bisa lebih produktif.
(*)
Baca Juga: WFH Bisa Bikin Burnout, Berikut 6 Cara Ampuh untuk Mengatasinya
Source | : | Verywellmind |
Penulis | : | Putri Mayla |
Editor | : | Kinanti Nuke Mahardini |
KOMENTAR