Parapuan.co - Kawan Puan, ada banyak sekali faktor yang dapat mendukung kesuksesan sebuah bisnis.
Salah satu faktor tersebut adalah konsumen yang setia dan terus-terusan memakai jasa atau membeli produk kita.
Nah untuk mendapatkan kesetiaan ini tentu ada usaha yang harus kita lakukan, yakni membangun hubungan yang baik dengan para konsumen
Baca Juga: Kerjaan Lebih Lancar, Ini Manfaat Ngantor di Coworking Space saat Pandemi
Melansir dari situs Forbes, Tara Stiles, seorang ahli kesehatan, penulis, serta founder dari Strala Yoga, juga telah merasakan manfaat dari menjaga hubungan baik dengan konsumennya.
Berkat hubungannya yang baik dengan para konsumennya, Tara berhasil membuat bisnisnya sukses karena pelanggan selalu mempercayai jasa serta kelas yang ia tawarkan.
Tara membentuk kedekatan dengan para pelanggannya dengan memperlakukan setiap pelanggannya dengan baik.
Lewat kedekatan inilah, hubungan baik terbentuk dan klien terus terlibat serta menghargai layanan yang Tara tawarkan.
Menyadari bahwa hubungan baik dengan pelanggan adalah atribut penting untuk membangun kesuksesan bisnis, Tara membagikan beberapa tips membangun hubungan baik dengan konsumen yang bisa Kawan Puan coba.
Baca Juga: Hindari Melakukan Hal Berikut Ini Jika Kamu Kena PHK di Masa Pandemi
1. Beramah tamah dengan konsumen
Kawan Puan, salah satu cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah dengan beramah tamah.
Meski tidak ada kaitannya dengan bisnis, beramah tamah dengan konsumen adalah salah satu cara menjalin kedekatan dengan konsumen.
Sikap ramah serta kedekatan yang didapatkan para pelanggan akan membuat mereka merasa nyaman saat menggunakan jasa atau membeli produk yang kamu tawarkan.
2. Menjaga kepercayaan pelanggan
Kawan Puan, menjaga kepercayaan pelanggan juga penting kamu lakukan.
Kepercayaan pelanggan terhadap usaha kamu adalah kunci utama mereka akan setia memakai jasa atau produk yang kamu tawarkan.
3. Jangan membandingkan pelanggan
Kawan Puan tips yang selanjutnya adalah memperlakukanlah semua costumer sama dan tidak membeda-bedakannya.
Sebagai contoh, jangan melayani customer A dengan baik karena produk yang ia beli banyak dari pelanggan lainnya.
Perlakukanlah mereka secara sama merata!
Baca Juga: Mau Merintis Bisnis? Yuk Simak Nasehat dari Para CEO Sukses Ini
4. Sediakan apa yang dibutuhkan konsumen
Kawan Puan, untuk menyediakan jasa atau produk yang dibutukan konsumen, kamu bisa bertanya secara langsung kepada mereka.
Tidak usah khawatir, berbincang-bincang dengan konsumen terkait hal-hal apa saja yang mereka butuhkan juga dapat membangun kedekatan antara kamu dan pelanggan.
Baca Juga: Berdasarkan Studi Terbaru, Ternyata Ini Cara Efektif Negosiasi Gaji
5. Tampil apa adanya
Kawan Puan, tips yang terakhir adalah dengan menawarkan jasa atau produk secara apa adanya.
Kata apa adanya di sini maksudnya jangan melebih-lebihkan kualitas jasa atau produk yang kamu tawarkan.
Jika pelanggan menyadari bahwa apa yang kamu tawarkan tidak sebagus dengan apa yang kamu klaim, mereka justru akan merasa kecewa dan sangat mungkin beralih pada brand atau merek lain.
Kalau sudah begitu, justru kamu sendiri yang rugi.
Kawan Puan, itu dia beberapa tips yang bisa Kawan Puan coba untuk membuat pelanggan setia terhadap barang atau jasa yang kamu tawarkan.
Selamat mencoba, Kawan Puan! (*)
Source | : | Forbes |
Penulis | : | Vregina Voneria Palis |
Editor | : | Maharani Kusuma Daruwati |
KOMENTAR