Laporan Wartawan Grid.ID, Andika Thaselia Prahastiwi
Grid.ID - Menjelang weekend ini, kamu ingin menghabiskan satu malam untuk dinner bersama pasangan.
Sepulang kantor, kamu langsung berangkat ke restoran favorit kalian berdua untuk booking tempat serta menu.
Kalau bisa sih sekalian menyiapkan sedikit kejutan buat si 'dia'.
Saat melihat daftar menu, pernah merasa kebingungan memilih menu karena semuanya terdengar menggoda banget?
( BACA JUGA: 9 Aturan Berpakaian yang Harus Ditaati Pegawai Disneyland, dari Gaya Rambut Sampai Deodoran! )
Ya, itu memang trik restoran untuk menggoda kamu agar memesan makanan dalam jumlah yang banyak.
Daftar menu merupakan strategi promosi dan pemasaran restoran.
Kalau menu yang dipajang nggak menarik sama sekali, gimana restorannya bisa mendapat banyak pelanggan?
Sebagai pelanggan cerdas, kamu juga nggak boleh kalah pintar dari strategi restoran ini.
( BACA JUGA: Tak Hanya Menulis Permintaan Maaf Soal Kontroversi, Wanna One Tunjukkan Sikap Berbeda Saat di Bandara )
Ketahui 5 cara restoran menggoda iman kamu lewat daftar menu mereka berikut ini, melansir laman Reader's Digest.
1. Nama sajian yang bikin ngiler
Antara "Ayam Panggang" dengan "Ayam Panggang Madu Rempah", mana yang kelihatannya paling menggoda?
Atau "Jus Jeruk" dengan "Jus Jeruk Manis Pontianak", mana nih yang sukses bikin kamu menelan ludah?
( BACA JUGA: Puncak Kawah Ditutup Pasca Semburan Gas Beracun, Inilah 4 Fakta Menarik Gunung Ijen )
Dalam sebuah penelitian, menu dengan nama-nama menggoda dan lebih detail ini ternyata bisa meningkatkan prospek penjualan sebanyak 27% loh.
Alasannya, pengunjung restoran merasa sajian dengan nama yang unik dan detail memberikan pengaruh terhadap rasa hidangan tersebut.
2. Metode pencantuman harga dan bentuk daftar
Hal ini paling sering ditemukan di restoran-restoran mewah nih.
( BACA JUGA: Kasus First Travel, Syahrini Akan 'Berduet' dengan Saksi Dari London Tanggal 2 April Mendatang )
Biasanya mereka akan lebih memilih mencantumkan harga "Rp 60.000" daripada menuliskannya lengkap "Rp 60.000,00".
Selain repot, penampilan harga "Rp 60.000" juga lebih menarik dan terkesan lebih murah karena punya jumlah angka nol yang lebih sedikit.
Kamu juga akan menemukan bentuk menu dan daftar harga yang saling berjauhan serta nggak ada garis hubung sebagai bantuan.
Peniadaan garis penghubung ini ditujukan agar kamu membaca menu secara keseluruhan secara urut.
( BACA JUGA: Gracia Indri Tampil Memesona dengan Balutan Gaun Bernuansa Gold, Kepoin Gaya Elegannya yuk! )
Jadi, secara nggak langsung kamu akan semakin bingung dengan menu-menu yang beragam dan nama-nama yang super bikin ngiler.
3. Permainan jenis huruf
Coba deh perhatikan, restoran-restoran mewah pasti akan menggunakan huruf yang menarik dan elegan untuk menampilkan daftar menu mereka kan?
Bukan cuma sekadar estetika, hal ini bertujuan untuk membuat kamu memperhatikan menu tersebut dalam waktu lama.
( BACA JUGA: Mulai Fokus ke Dunia Akting, Sooyoung Bakal Lakoni Tokoh Utama di Film Korea-Jepang! )
4. Display gambar yang menggoda
Kamu kerap menjumpai ilustrasi-ilustrasi menggoda dalam daftar menu?
Kalau ini tujuannya udah jelas sih, biar kamu makin tergoda dengan tampilan fisik menunya.
Biasanya, ilustrasi menu ini akan dibuat semenarik mungkin agar menonjolkan karakter si makanan.
( BACA JUGA: Adipati Dolken Bantah Hubungannya dengan Vanesha Prescilla Hanya Sebatas Gimik! )
Seperti misalnya, di ilustrasi untuk menu "Gurame Asam Pedas", akan ditampilkan bagian daging ikan yang digoreng super krispi dengan saus yang kental dan potongan cabe yang masih merah merona.
5. Makanan yang membangkitkan nostalgia
Restoran-restoran sekarang suka banget menampilkan beberapa menu pembangkit nostalgia.
Coba ingat-ingat, di tahun 2000-2008 jarang banget restoran yang menampilkan menu tempe mendoan, pisang goreng, ubi rebus, atau makanan tradisional lainnya.
( BACA JUGA: Rahasia Rutinitas Perawatan Kecantikan Rumahan ala Jesica Alba, Kepoin yuk! )
Sekarang, mereka berlomba-lomba menampilkan makanan tradisional dengan kreasi masing-masing.
Alhasil, kamu jadi tergerak untuk membeli kan?
Merasa tertipu?
Jangan. Jadilah pembeli yang cerdas karena 5 strategi tadi memang cara restoran untuk memasarkan produk mereka.
( BACA JUGA: Ngeri, Muncul Retakan Raksasa di Jalan Raya yang Diduga Akan Membelah Benua Afrika )
Tapi tetap kan, "Es Kelapa Muda Jeruk Nipis" lebih menggoda daripada "Es Kelapa Muda"? (*)
Source | : | Readersdigest.com |
Penulis | : | Nindya Galuh Aprillia |
Editor | : | Nindya Galuh Aprillia |