Find Us On Social Media :

Kisah Yana Zein Sebelum Dikebumikan dan Agama Yang Dianut Yana

By Rich, Selasa, 6 Juni 2017 | 16:17 WIB

Nurzaman Zein ayah Yana Zein

Grid.ID - Artis Yana Zein akhirnya dimakamkan dengan cara Islam, di Tempat Pemakaman Muslim (TPM) Bulak Lebar, Cinere, Depok, Jumat (2/6).

Diberitakan sebelumnya, terjadi perdebatan yang panjang antara Ibu dan Ayah Yana Zein mengenai cara dan prosesi pemakaman terhadap almarhumah Yana Zein.

Swetlana ingin Yana Zein dimakamkan secara Kristen, sementara Nurzaman bersikeras agar putrinya disalatkan, dikafani dan didandani layaknya jenazah muslim perempuan. 

Ada cerita lain dibalik meninggalnya Yana Zein.

Ayahanda Yana Zein, Nurzaman Zein berkesempatan memandikan jenazah Yana sebelum dikebumikan pada Jumat (2/6/2017).

Nurzaman pun mengingat bagaimana saat-saat dia membasuh jenazah Yana sebanyak tiga kali dengan deterjen, guna menghilangkan cairan formalin yang melekat di tubuh anaknya.

Menurut Nurzaman, penggunaan deterjen itu agar jenazah Yana Zein bersih dari formalin yang menempel ditubuh pesinetron Tersanjung tersebut.

(Baca Juga: Selama 30 Tahun Yana Zein Tidak Mendapat Kasih Sayang Dari Ayahnya)

"Iya, dimandikan ulang. Dengan Rinso. Tiga kali itu disabun. Saya ikut mandikan," ucap Nurzaman.

"Pakai deterjen supaya formalinnya itu lepas, supaya sempurna bersihnya. Deterjen kan bisa membersihkan yang kotor, lemak, lemak kan, hanya itu," ujar Nurzaman di Komplek Buncit Indah di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/6).

"Saya bilang, 'anakku sayang, kecil dulu saya mandikan kamu. Sekarang saya mandikan kamu terakhir kali. Kita tidak akan ketemu lagi ya nak'," cerita Ayah Yana Zein dengan mata berkaca-kaca.

(Baca Juga: Sedih, Kisah Yana Zein Menuju Tempat Peristirahatannya Yang Terakhir)