Find Us On Social Media :

Masuk Prioritas, Rembang Jadi Kota Penanganan Anak Terpadu

By None, Selasa, 19 Maret 2019 | 09:09 WIB

Grid.ID – Rembang diidentifikasi akan masuk sebagai kabupaten prioritas pengembangan program perlindungan anak sosial integratif, terutama yang dilakukan di lingkungan pondok pesantren.

Sejak dini anak-anak yang berada di lingkungan pondok pesantren, mulai dikenalkan dengan beragam model kasus kekerasan, sehingga mereka paham dan mampu menghindari serta mengantisipasi potensi munculnya kasus serupa secara terpadu di kemudian hari.

Chief of Child Protection Unicef Indonesia, Amanda Bissex saat hadir dalam audiensi bersama Bupati Rembang H.Abdul Hafidz terkait program tersebut menuturkan, penanganan kasus kekerasan anak yang dilakukan secara terpadu dan cepat bisa mencegah jatuhnya banyak korban.

Mereka harus dipastikan aman untuk berkehidupan, terutama bagi mereka yang berada di pondok pesantren.

Baca Juga : Jangan Sepelekan, Ternyata ini 6 Gejala Awal Penyakit Stroke yang Harus Kamu Waspadai

“Anak-anak harus dipastikan aman untuk memastikan mereka bisa meraih cita-citanya,” ujar Amanda, usai melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al Anwar, Kecamatan Sarang, Rembang, Jawa Tengah, Senin (18/3).

Penanganan perlindungan anak menurut Amanda, merupakan kerja gotong royong yang bisa dilakukan semua pihak, sehingga tidak harus mengandalkan satu sektor saja. Dengan dilakukan penanganan secara terpadu, anak-anak dalam kelompok rentan maupun kelompok korban kekerasan, dapat ditangani dengan cepat.