Find Us On Social Media :

4 Fakta di Balik Kesultanan Selaco di Tasikmalaya yang Tak Kalah Heboh dengan Keraton Agung Sejagat: Berdiri dari Tahun 2004, Miliki Menteri dan Pejabat Daerah hingga Dapat Legalitas dari PBB!

By Arif Budhi Suryanto, Sabtu, 18 Januari 2020 | 14:00 WIB

Penampakan gerbang pintu Kesultanan Selaco di Tasikmalaya, Jawa Barat

Laporan Wartawan Grid.ID, Arif Budhi Suryanto

Grid.ID - Kemunculan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, baru-baru ini menggemparkan masyarakat.

Pasalnya, kerajaan yang berpusat di Desa Pogung Juru Tengah, Bayan, itu tak hanya mengklaim menguasai Indonesia namun juga seluruh dunia.

Selayaknya kerajaan pada umumnya, Keraton Agung Sejagat juga dipimpin oleh seorang raja dan ratu yakni Totok Santosa Hadiningrat alias Sinuhun dan Dyah Gitarja alias Kanjeng Ratu.

Baca Juga: Bukan karena Dapat Wangsit, Ini yang Diduga bikin Totok Santoso Mengaku sebagai Raja Keraton Agung Sejagat!

Melansir dari Tribunnews.com, para anggota kerajaan ini bahakan sempat berkumpul lengkap dengan atribut seperti abdi kerajaan pada Minggu (12/01/2020).

Mereka berkumpul untuk melakukan upacara untuk mendeklarasiakan diri mengenai keberadaan meraka.

"Kami muncul menunaikan janji 500 tahun runtuhnya Kerajaan Majapahit pada tahun 1518," kata Totok Santosa Hadiningrat waktu itu.

Baca Juga: Sang Ratu Keraton Agung Sejagat bukan Orang Sembarangan, Bisa Kumpulkan Dana hingga Rp 1 Miliar dari Para Pengikutnya, hingga Punya Bisnis Ini untuk Sambung Hidup

Kemunculan Keraton Agung Sejagat ini pun sontak membuat gempar warga hingga pihak kepolisian RI merasa perlu memeriksa sang pemimpin untuk meluruskan informasi yang beredar.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengungkapkan, Polda Jawa Tengah tengah memeriksa kabar tersebut.

Menurutnya, pemeriksaan tersebut untuk mengetahui informasi detail kelompok tersebut.