Find Us On Social Media :

Fakta Seputar Black Box, Komponen yang Jadi Kunci Penting Berisi Rekaman Terakhir Sebelum Pesawat Jatuh

By None, Minggu, 10 Januari 2021 | 16:11 WIB

penampakan CVR black box Lion Air

Grid.ID - Salah satu benda yang paling dicari dalam kecelakaan pesawat termasuk yang menimpa Sriwijaya Air 182 adalah black box.

Bukan tanpa alasan, black box anatu kotak hitam merupakan salah satu komponen pesawat yang menyimpan data penting.

Melalui black box, penyebab kecelakaan bisa diidentifikasi lewat rekaman terakhir sebelum pesawat jatuh.

Baca Juga: Perbedaan Post Mortem dan Ante Mortem, Data Penting untuk Mengidentifikasi Korban Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Mulai hari ini, Pihak Komite Nasional Kecelakaan Transportasi ( KNKT) mengatakan akan segera mencari kotak hitam atau black box milik pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182.

"Dan kami juga malam ini juga sedang mempersiapkan untuk operasional besok untuk mencari black box," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, seperti dilansir dari Kompas TV, Sabtu (9/1/2021).

Hingga berita ini diturunkan, black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 belum ditemukan.

Diberitakan Kompas.com, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Mohammad Yassin Kosasih mengatakan pihaknya juga sudah mengerahkan alat untuk membantu mencari black box atau kotak hitam pesawat.

Baca Juga: Sriwijaya Air SJ-182 Jatuh di Atas Kepulauan Seribu, Titi Kamal Ikut Sampaikan Belasungkawa Atas Insiden Pesawat yang Terjadi di Awal Tahun Ini: Semoga Keluarga Korban Diberikan Ketabahan

"Dalam membantu pencarian pesawat yang jatuh tersebut kami membawa 2 set Vinger Locater yaitu alat untuk mencari black box dan 50 orang penyelam yang terdiri dari penyelam Ditpolair, penyelam Ditpolairud Polda Metro Jaya, penyelam Ditpolairud Polda Banten dan penyelam dari KorBrimob," ujar Yassin.

Namun, apa itu black box dan kenapa penting dicari?

Tidak seperti namanya, black box berwarna oranye.