Find Us On Social Media :

Rianti Cartwright Pernah Alami Kekurangan Zat Besi Saat Hamil, Yuk Kenali Pentingnya Zat Besi Pada Bumil!

By Ragillita Desyaningrum, Minggu, 21 Maret 2021 | 09:18 WIB

Rianti Cartwright ternyata pernah mengalami kekurangan zat besi ketika hamil anak pertamanya. Untuk mengatasinya, Rianti mengonsumsi daging merah yang tinggi kandungan zat besi.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Dikarunai anak setelah 10 tahun menikah, Rianti Cartwright ternyata pernah mengalami kekurangan zat besi saat kehamilan pertamanya.

Menyadari pentingnya zat besi saat hamil, mantan VJ MTV ini kemudian rajin mengonsumsi daging merah yang tinggi kandungan salah satu mineral tersebut.

Kendati kini buah hatinya, Rose, sudah lahir dan sudah berusia hampir delapan bulan, Rianti masih sering mengonsumsi daging merah hingga sekarang.

Baca Juga: Rianti Cartwright Ngaku Keterusan Makan Daging Merah Sejak Hamil Hingga Menyusui, Ini Bahayanya Jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Daging Merah

“Bahkan karena waktu hamil aku kekurangan zat besi, aku malah jadi sering banget makan daging merah sampai sekarang,” ungkap Rianti yang dikutip dari Instagram Story @riantic pada Jumat (19/03/2021).

Alhasil, Rianti baru-baru ini mengetahui bahwa ia mengalami peningkatan kadar kolesterol LDL yang berbahaya untuk kesehatannya.

Daging merah memang salah satu makanan terbaik untuk memenuhi asupan zat besi pada ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga: Lakukan Tes Kesehatan, Rianti Cartwright Malah Terkejut Dengan Kolesterolnya yang Tinggi, Begini Caranya untuk Menurunkan Kadar Kolesterol!

Pada dasarnya, zat besi diperlukan tubuh memproduksi hemoglobin, yaitu protein yang mengangkut oksigen dalam darah.

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI melalui Nakita.id, saat sedang hamil, ibu membutuhkan paling tidak 800 mg zat besi yang terdiri atas 500 mg untuk membentuk hemoglobin maternal dan 300 mg untuk janin.