Find Us On Social Media :

Ramadhan 2021 Sebentar Lagi, Jangan Lupa Minum Air Kelapa saat Buka Puasa, Rasakan Perubahan Ini pada Tubuh

By Devi Agustiana, Senin, 5 April 2021 | 10:45 WIB

Air kelapa cocok dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa saat Ramadhan nanti karena bisa mencegah dehidrasi.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Menjelang bulan Ramadhan 2021, mungkin berbagai persiapan sudah mulai kita lakukan.

Tapi, ada hal yang tak boleh ketinggalan, ialah menyusun menu berbuka puasa yang sehat setiap hari.

Hal ini tidak boleh dianggap remeh, karena tubuh telah menahan lapar dan haus lebih dari 12 jam, maka diperlukan asupan sehat saat berbuka puasa.

Baca Juga: Iseng-iseng Minum Air Rendaman Kurma Setiap Hari, Jangan Kaget Kalau 5 Perubahan Ini Terjadi Pada Tubuh!

Nah, air kelapa bisa menjadi satu rekomendasinya.

Dilasir Grid.ID dari laman Wellandgood.com, hidrasi adalah satu dari sekian banyak manfaat air kelapa yang paling terkenal, berkat elektrolitnya seperti natrium dan magnesium.

Elektrolit sangat bagus untuk konsumsi sehari-hari karena membantu mengatur pH, menjaga tetap terhidrasi, dan mengontrol kontraksi otot.

Baca Juga: Persiapan Puasa Ramadhan 2021, Ini 5 Rekomendasi Menu Makan Sahur Agar Tubuh Tetap Terhidrasi dan Berenergi Sepanjang Hari

"Air kelapa bisa menjadi pilihan yang baik untuk rehidrasi setelah latihan (olahraga) yang lama atau intens, penyakit di mana Anda mengalami muntah atau diare, atau setelah seharian di bawah sinar matahari," kata kata Serena Poon, CN, chef dan ahli gizi bersertifikat.

Oleh karena itu, elektrolit dalam air kelapa akan siap menghidrasi tubuh dan mengisi kembali elektrolit yang hilang usai berpuasa.

Laman Kompas.com juga menjelaskan bahwa elektrolit itu akan siap menjaga keseimbangan, sehingga kita tidak akan dehidrasi.