Find Us On Social Media :

Menurut Ahli, Menulis Apa yang Kita Makan Setiap Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 7 April 2021 | 15:03 WIB

Jurnal makan adalah kegiatan menulis makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Untuk menurunkan berat badan, ada beberapa metode diet yang disarankan seperti diet vegan diet keto, diet mayo hingga diet paleo.

Selain melakukan diet, penting juga untuk mengimbanginya dengan olahraga teratur dan tidur yang cukup.

Namun di samping itu, ada satu hal yang tidak kalah penting yang sering kali dilupakan atau bahkan disepelekan oleh para pelaku diet, yaitu menulis jurnal makan.

Baca Juga: Makan Malam saat Diet Masih Aman Kalau Kamu Tahu Aturan Berikut Ini, Gak Akan Bikin Gendut

Jurnal makan pada dasarnya merupakan kegiatan menulis semua makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari untuk mengetahui kebiasaan makan.

Melansir Very Well Fit, penelitian di tahun 2008 mengungkapkan adanya kaitan antara menulis jurnal makan dengan penurunan berat badan.

Lebih spesifik, penelitian yang dilakukan pada 1.700 orang obesitas ini menemukan bahwa mereka yang menulis jurnal makan berhasil menurunkan berat badan dua kali lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak menulis jurnal makan.

Baca Juga: Makan Bersih hingga Sukses Turun Berat Badan 12 Kilogram, Olla Ramlan Tanggapi Soal Diet Ekstrem: Kalo Mau Ikut Pola Diet, Harus Tahu Banget Tubuh

Nah, untuk mengetahui bagaimana menulis jurnal makan dapat membantu menurunkan berat badan, simak pemaparannya berikut ini.

Membuat seseorang merasa bertanggungjawab pada diri sendiri

Ketika menulis jurnal makan, kamu harus menulis semua makanan yang masuk ke dalam perut meskipun itu hanya satu buah biskuit sekalipun.