Find Us On Social Media :

Ahli Beberkan Aturan Tidur Selama Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar, Paling Penting Jangan Langsung Terlelap Setelah Makan ya!

By Devi Agustiana, Selasa, 20 April 2021 | 09:51 WIB

Jadwal tidur memang akan berubah selama menjalani ibadah puasa, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar kebiasaan istirahat tetap aman.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Karena tuntutan disiplin di bulan Ramadhan, mengharuskan umat Islam melakukan perubahan signifikan pada rutinitas mereka yang biasanya.

Misalnya saja dari mengubah asupan makanan, menambah waktu sholat, bangun sebelum jam 4 pagi untuk makan sahur, hingga kebiasaan tidur.

Dilansir Grid.ID dari laman Gulf News, tidur sangat penting untuk kesehatan.

Baca Juga: Bukan Hanya Ibadah Semata, Ahli Ini Beberkan Manfaat Kebiasaan Puasa untuk Kesehatan, Bisa Membuat Tidur Nyenyak hingga Melancarkan Pencernaan!

Dengan sikap disiplin, puasa dapat secara efektif mengatur pola tidur yang berubah ini.

“Beberapa orang mencoba melakukan terlalu banyak (aktivitas) selama Ramadhan."

"Mereka menghabiskan hari-hari di tempat kerja atau merawat anak-anak dan malam-malam mereka dengan kegiatan sosial."

"Di tengah semua ini, beberapa orang tidak cukup tidur,” kata Dr Irshaad Ebrahim, Dokter Tidur di London Sleep Centre Dubai.

Menurut Dr Vishal Pawar, ahli saraf spesialis di Aster Speciality Clinic, kurang tidur tidak hanya memengaruhi perasaan keesokan harinya, tetapi juga memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang yang menguras kemampuan mental dan mengganggu kesehatan fisik.

Baca Juga: Gegara Susah Bangun Jadi Melewatkan Makan Sahur? Coba Ikuti 7 Tips Ini Agar Tidak Kesiangan Lagi yuk!

Para ahli mengatakan bahwa otak orang dewasa membutuhkan antara tujuh hingga sembilan jam tidur dalam setiap 24 jam siklus tidur-bangun.