Find Us On Social Media :

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan 100 Paket Bahan Kebutuhan Pokok kepada Komunitas Seniman Jegog di Jembrana Bali

By Grid, Sabtu, 3 Juli 2021 | 09:36 WIB

Bupati Jembrana Bali, I Nengah Tamba (kanan), bersama Ketua Forum Komunikasi Daerah (FKD) Kompas Gramedia Regional Bali, Anak Agung Gede Rai Sahadewa (kiri), dalam acara penyerahan donasi di rumah dinas Bupati Jembrana, Kamis (24/6/2021).

Grid.ID - Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) menyalurkan 100 paket berisi bahan kebutuhan pokok kepada seniman jegog di Kabupaten Jembrana, Bali, Kamis (24/6/2021).

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan bantuan dari pembaca Kompas ini secara simbolis kepada seniman jegog Jembrana di Rumah Dinas Bupati Jembrana.

Penyediaan dan penyaluran bantuan sebanyak 100 paket berisi kebutuhan pokok, antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, dan tepung terigu, juga masker, turut dibantu oleh FKD Kompas Gramedia Regional Bali.

”Kami berterima kasih atas donasi dari pembaca Kompas,” kata Ketua Yayasan Seni Jegog Jembrana Ketut Suarda mewakili 100 seniman tradisional jegog menerima secara simbolis paket kebutuhan pokok di Rumah Dinas Bupati Jembrana.

”Dalam kondisi seperti ini (pandemi Covid-19), semuanya terdampak dan merasakan kesulitan karena kami sangat jarang bisa pentas, termasuk untuk mengisi acara dari pemerintah,” tambahnya.

Penyerahan paket donasi pembaca Kompas kepada kalangan seniman Bali mendapat sambutan hangat dan apresiasi positif dari Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Ia menyatakan paket bahan kebutuhan pokok kepada seniman tradisional di Kabupaten Jembrana, khususnya jegog, menjadi bentuk kepedulian terhadap pelaku kesenian khas Jembrana sekaligus wujud kebersamaan menghadapi situasi sulit di masa pandemi Covid-19.

”Saya merasa sangat senang dengan kontribusi ini. Luar biasa, Harian Kompas peduli dengan seka (kelompok) jegog di Jembrana,” ujar Tamba ketika menerima tim Yayasan DKK dengan koordinasi Forum Komunikasi Daerah (FKD) Kompas Gramedia Regional Bali.

Sebanyak 10 seniman jegog hadir di Rumah Dinas Bupati Jembrana sebagai perwakilan kelompok seniman jegog Jembrana.

Terkait distribusi paket bahan kebutuhan pokok yang bersumber dari donasi pembaca Kompas tersebut, Suarda menyatakan sudah mengoordinasikannya dengan para ketua seka jegog yang bernaung dalam Yayasan Seni Jegog Jembrana untuk dibagikan secara merata.

Jegog merupakan seni gamelan khas Jembrana, dengan instrumen terbuat dari bambu, terutama bambu petung.