Find Us On Social Media :

Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Melek Keuangan lewat Webinar dan Podcast di FinExpo BIK 2021

By Nana Triana, Senin, 8 November 2021 | 17:19 WIB

Talkshow

Grid.ID - Pandemi Covid-19 memberi dampak yang cukup besar bagi masyarakat di Indonesia. Selain krisis kesehatan, lesunya ekonomi mengakibatkan banyak orang mengalami guncangan ekonomi, entah karena terkena pemotongan gaji, pengurangan bonus, sampai kehilangan pekerjaan.

Hal ini tentu menjadi pengingat bagi semua orang bahwa siapa saja bisa mengalami kondisi sulit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat guna memastikan masa depan tetap bisa diraih.

Menyadari hal tersebut, Allianz Indonesia berkolaborasi dengan NOVA berpartisipasi dalam gelaran Financial Expo (FinExpo). Sebagai informasi, FinExpo BIK 2021 diselenggarakan atas kerja sama pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka memperingati Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021.

Terdapat lima rangkaian kegiatan yang dihadirkan oleh Allianz di acara FinExpo BIK 2021. Rangkaian acara dimulai sejak Kamis (30/9/2021) dan akan berakhir pada 6 November 2021. Selain itu, edukasi mengenai inklusi keuangan dan literasi keuangan juga disampaikan dalam bentuk kuliah Whatsapp (kulwap). 

Berikut ini rangkaian acara yang digelarAllianz Indonesia dalam FinExpo BIK 2021.

Kuliah WhatsApp series

Kuliah Whatsapp (kulwap) menjadi kegiatan pertama dari rangkaian kegiatan acara FinExpo BIK 2021 yang digelar Allianz Indonesia bersama media perempuan terbesar di Indonesia NOVA.

Kegiatan yang digelar dalam bentuk diskusi melalui grup WhatsApp ini menghadirkan Co-Head Advisory Finansialku.com Rista Zwestika CFP dan beberapa perwakilan dari Allianz Indonesia sebagai narasumber.

Baca Juga: Allianz Indonesia Berbagi Tips Persiapan Keuangan Pasca Pandemi dan Update Perkembangan Kasus Covid-19 di Indonesia

Dalam kulwap ini, Rista menjelaskan pentingnya memisahkan antara uang bisnis dan uang pribadi atau uang keluarga. Caranya adalah dengan membuat rekening terpisah untuk bisnis dan pribadi, membuat daftar pengeluaran yang juga terpisah, serta menerapkan sistem gaji untuk diri sendiri.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar bisnis dapat terus berkembang dan kita dapat meraih tujuan keuangan keluarga yang sudah kita tentukan.

Selain itu, ia juga membahas tentang pentingnya asuransi untuk bisnis demi kelangsungan usaha.