Find Us On Social Media :

Ini 4 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh agar Fit Selama Perjalanan Mudik

By Nana Triana, Jumat, 22 April 2022 | 19:05 WIB

Ilustrasi mudik lebaran.

Grid.ID - Situasi pandemi Covid-19 yang terus membaik di Tanah Air membuat pemerintah melakukan pelonggaran aturan pembatasan kegiatan sosial dengan memperbolehkan masyarakat untuk mudik pada Lebaran tahun ini. 

Kebijakan tersebut menjadi berita gembira yang sudah lama dinanti oleh masyarakat. Sebab, sudah dua tahun terakhir masyarakat menjalani Ramadan dan Idulfitri dalam pembatasan kegiatan sosial akibat tingginya penyebaran Covid-19.

Namun, masyarakat diimbau untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan Covid-19. Pemerintah menegaskan bahwa pandemi belum berakhir.

Selain disiplin menerapkan prokes, masyarakat yang berencana melakukan perjalanan mudik beberapa hari sebelum Lebaran sebaiknya sudah melakukan persiapan dari sekarang.

Persiapan dari jauh hari sebelum berangkat mudik akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh saat di perjalanan, sehingga bisa tetap sehat dan fit sampai tiba di kampung halaman.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap fit saat mudik Lebaran.

1. Cukup istirahat

Mendapat istirahat yang cukup adalah kebutuhan utama yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh. Terutama bagi kamu yang berencana mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Dilansir dari Healthmatters, tidur yang cukup dapat bantu menjaga kesehatan, terlebih jika akan melakukan perjalanan panjang atau melintasi zona waktu yang berbeda. Agar stamina tetap terjaga, ada baiknya kamu konsisten tidur 6-8 jam sehari selama satu minggu sebelum berangkat mudik.

2. Makanan bernutrisi

Sebelum mudik, kamu dan keluarga perlu mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang secara teratur. Tak hanya membuat tubuh lebih bertenaga selama perjalanan mudik, mengonsumsi makanan bergizi juga dapat memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi virus.

Ada beberapa jenis kebutuhan nutrisi yang perlu kamu cukupi, yaitu protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini bisa kamu peroleh dari berbagai jenis makanan bergizi, mulai dari buah, sayur, daging, ikan, telur, hingga kacang-kacangan.