Find Us On Social Media :

Cek Perkembangannya, Pastikan Anak Punya Tinggi Badan Ideal Sesuai Umur

By Fathia Yasmine, Jumat, 20 Mei 2022 | 17:08 WIB

Ilustrasi pertumbuhan badan anak.

Grid.ID – Pada masa pertumbuhan, memperhatikan tahapan perkembangan anak penting untuk dilakukan para ibu. Adapun tahapan perkembangan anak paling mudah dipantau dari pertumbuhan fisiknya.  Tahapan perkembangan anak memainkan peran besar dalam masa pertumbuhan. 

Mengetahui tahapan ini dapat membantu ibu dalam memantau perkembangan anak, Untuk memantau pertumbuhan fisik anak, para ibu dapat memastikan apakah anak sudah mencapai berat dan tinggi badan ideal sesuai umurnya.

Dengan begitu, ibu bisa mendeteksi risiko gagal tumbuh atau yang dalam bahasa kedokteran disebut growth faltering pada anak.  

Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memantau tahapan perkembangan anak juga bertujuan untuk mencegah terjadinya gagal tumbuh atau dikenal atau dalam istilah kedokteran disebut dengan growth faltering.

Kondisi ini biasanya dapat mulai terlihat sejak usia bayi hingga lima tahun.  Pada bayi, kondisi ini ditandai dengan lambatnya kenaikan berat badan selama dua sampai tiga bulan berturut-turut. 

Sementara pada anak dengan usia lebih dari satu tahun, growth faltering umumnya ditandai dengan tubuh yang lebih pendek atau kurus dibanding teman seusianya. 

Baca Juga: 4 Nutrisi Penting untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Apabila dibiarkan lebih lanjut, growth faltering bisa menghambat perkembangan kognitif anak sekaligus perkembangan otak.

WHO menyebut, anak dengan kondisi ini juga berpotensi mengalami keterlambatan perkembangan emosional, rentan sakit, hingga mengalami kekurangan berat badan (underweight) dan tinggi badan (stunting) di masa depan.

Rumus tinggi dan berat badan ideal sesuai umur

Secara garis besar, WHO menyatakan bahwa perkembangan anak bisa dilihat dari perkembangan berat badan, dan tinggi badan ideal sesuai umur.  Untuk berat badan, ibu bisa menghitung berat badan ideal anak menggunakan rumus perhitungan berat badan dari WHO.

Pada anak berusia di bawah 12 bulan, gunakan rumus berat badan ideal anak = (umur dalam hitungan bulan + 9) ÷ 2. Pada anak 1-5 tahun, gunakan rumus berat badan ideal anak = 2 x (umur dalam tahun + 5). Sedangkan untuk anak 5-14 tahun, berat badan ideal anak = 4 x umur dalam tahun.