Find Us On Social Media :

Mau Hidup Sehat? Dokter Gizi Ungkap 3 Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang

By Yussy Maulia, Selasa, 31 Januari 2023 | 12:29 WIB

Pola makan dengan gizi seimbang merupakan salah satu kunci tubuh sehat.

Grid.ID – Menerapkan gaya hidup sehat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup. Ketika tubuh sehat, kamu pun dapat menjalani berbagai aktivitas secara maksimal.

Langkah sederhana untuk memulai gaya hidup sehat dapat dimulai dengan mengatur pola makan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan dan minuman dengan nilai gizi seimbang setiap harinya.

Bagi kamu yang ingin menerapkan pola makan seimbang, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, dokter gizi dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, punya tiga tipsnya. Tips ini dia bagikan dalam kegiatan Tokopedia yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Gizi Nasional.

Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Daging Domba Kaya Akan Nutrisi Penting, Ini Waktu yang Tepat Mengonsumsinya Menurut Ahli Gizi

1. Utamakan bahan pangan lokal

Sebagai negara agraris, Indonesia punya beragam pilihan sumber bahan pangan yang sehat dan bergizi. Mulai dari sayur, buah, dan makanan pokok lainnya.

“Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari. Misalnya, banyak sekali sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di Indonesia selain nasi, seperti umbi-umbian atau makanan berbahan singkong,” jelas dr Juwalita.

Selain mudah dicari dan relatif terjangkau, membeli bahan pangan lokal juga dapat membantu meningkatkan perekonomian para pedagang dan petani di sekitarmu.

2. Konsumsi makanan dalam jumlah seimbang

Kamu juga tetap perlu memperhatikan jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Konsumsi makanan dan minuman sebaiknya tidak terlalu sedikit atau malah terlalu banyak.

Baca Juga: Berkat Inisiatif Hyperlocal, Produk Khas Betawi Jadi Barang Terlaris di Tokopedia