Find Us On Social Media :

Berubah Pikiran atau Barang Tidak Sesuai Pesanan? Tenang, Shopee Tawarkan Garansi Bebas Pengembalian

By Sheila Respati, Jumat, 23 Februari 2024 | 09:11 WIB

Ilustrasi e-commerce.

Grid.ID – Kamu yang sering berbelanja online pastinya pernah mengalami dua hal ini. Pertama, galau saat memilih produk yang ingin dibeli sehingga menyesal saat pesanan sampai di tangan. Kedua, pesanan produk yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi atau foto di toko.

Nah, dua hal itu sekarang tidak perlu dijadikan kekhawatiran, terutama oleh pengguna Shopee. Ini karena platform e-commerce tersebut menawarkan Garansi Bebas Pengembalian. Solusi inovatif tersebut diluncurkan agar konsumen tidak ragu mengeksplorasi beragam produk dari banyak merchant di Shopee.

Garansi Bebas Pengembalian memungkinkan pembeli mengembalikan produk yang diterima karena berubah pikiran saat pesanan sampai atau produk tidak sesuai dengan syarat ketentuan berlaku.

Marketing Growth Director Shopee Monica Vionna mengatakan, sebagai e-commerce, menjawab kebutuhan masyarakat menjadi komitmen Shopee. Menurut Monica, setiap program dan fitur baru yang Shopee luncurkan selalu didasari keinginan agar penggunanya selalu merasakan pengalaman belanja terbaik serta pelayanan yang menyenangkan.

“Berbagai masukan yang diterima dari pengguna menjadi inspirasi SHopee untuk berinovasi. Program Garansi Bebas Pengembalian ini kami ciptakan untuk menambah kenyamanan dan kemudahan belanja. Selain itu, rasa aman saat berbelanja online,” kata Monica.

Ia menjelaskan, peluncuran Garansi Bebas Pengembalian dilakukan pada pertengahan Februari 2024 agar dapat digunakan dalam rangkaian kampanye Shopee 3.3 pada Maret. Program ini dapat digunakan khususnya oleh masyarakat yang berbelanja produk fesyen.

Untuk memanfaatkan Garansi Bebas Pembelian, ada syarat dan ketentuan serta langkah-langkah yang harus diikuti. Berikut penjelasannya!

1. Pastikan produk memiliki label “Bebas Pengembalian”

Tidak semua merchant menerapkan Garansi Bebas Pengembalian. Oleh karena itu, pastikan produk pada toko memiliki label “Bebas Pengembalian” saat membelinya.

2. Cek syarat dan ketentuan untuk Garansi Bebas Pengembalian

Sebagai syarat, pastikan kamu merekam video unboxing paket sebagai bukti pendukung. Pastikan barang yang dikembalikan tidak rusak bungkusnya, labelnya masih utuh, dan kondisi masih sama seperti saat barang diterima. Cek syarat dan ketentuan lengkapnya di sini.

3. Klik “Ajukan Pengembalian” dan ikuti panduan langkahnya

Saat ingin mengembalikan barang, klik “Ajukan Pengembalian” pada laman pesanan. Kemudian, pilih  alasan pengembalian barang, “ Saya telah menerima pesanan namun ada masalah” dan pilih “Bebas Pengembalian”. Pastikan solusi yang tampil di layar adalah “Pengembalian Barang dan Dana”. Kalau sudah sesuai, klik “Konfirmasi”.

4. Pastikan pengembalian dilakukan sebelum masa garansi berakhir

Kirim paket yang ingin dikembalikan dalam waktu lima hari kerja dengan menggunakan opsi “Pengiriman” atau “Atur Sendiri”. Produk yang dikembalikan akan diperiksa kondisinya oleh penjual dan kamu akan menerima pengembalian dana melalui metode pembayaran yang tersedia di Shopee.

Garansi Bebas Pengembalian untungkan penjual

Garansi Bebas Pengembalian, lanjut Monica, membuat pembeli memperoleh keuntungan berupa ketenangan. Sementara itu, penjual yang menerapkan fitur Garansi Bebas Pengembalian dapat meningkatkan layanan pelanggan sehingga memicu pembelian berulang (repeat order).

Untuk mengawal program ini, Shopee memberikan dukungan bagi penjual yang ingin menerapkan Garansi Bebas Pengembalian. Berikut daftarnya.

1. Gratis ongkos kirim pengembalian barang

Penjual tidak perlu menanggung biaya kirim produk atas pengembalian dari pembeli. Ongkos kirim akan ditanggung Shopee dan pembeli yang akan mengatur pengiriman barang.

2. Gratis proteksi barang hilang atau rusak

Jika barang yang dikembalikan oleh pembeli hilang atau rusak, Shopee akan menanggung biaya kehilangan atau kerusakan senilai harga produk.

3. Perlindungan dari penyalahgunaan garansi

Jika pembeli sengaja melakukan kecurangan dan mengembalikan barang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, penjual memiliki wewenang untuk menolak permintaan pengembalian barang dari pembeli.

Penjual dapat mengajukan banding jika pembeli terbukti melanggar ketentuan program Bebas Pengembalian. Penjual juga dianjurkan untuk melakukan video unboxing saat menerima barang dari pembeli untuk dijadikan bukti yang valid saat banding.

“Dengan adanya inovasi ini, kami berharap pengalaman belanja pengguna, baik penjual dan pembeli dapat semakin nyaman dan menyenangkan, serta Shopee dapat terus menjadi destinasi utama belanja online yang aman dan tepercaya,” ujar Monica. 

Saat ini, pengguna juga dapat memenuhi berbagai kebutuhan di Shopee, khususnya produk fashion terbaru! Karena tidak hanya bisa menikmati Garansi Bebas Pengembalian, kamu juga bisa mendapatkan promo spesial dari Shopee 3.3 Grand Fashion Sale yang berlangsung hingga 3 Maret 2024.

Kampanye tersebut menyediakan ragam inovasi dan inisiatif pada kategori fashion serta berbagai penawaran menarik yang dapat dinikmati, yaitu Semua Diskon 50%, Serba 30RB dan Garansi Bebas Pengembalian.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Garansi Bebas Pengembalian, kunjungi https://shopee.co.id/m/bebas-pengembalian