Find Us On Social Media :

Garansi Bebas Pengembalian, Bikin Penjual Untung atau Rugi?

By Sheila Respati, Senin, 4 Maret 2024 | 08:00 WIB

Ilustrasi belanja online

Grid.ID – Belum lama ini, Shopee meluncurkan fitur terbaru, yakni Garansi Bebas Pengembalian. Dengan adanya fitur ini, pembeli dapat mengembalikan produk yang sudah dibeli tidak hanya karena rusak atau tidak sesuai, tetapi juga dengan alasan berubah pikiran.

Namun, pengembalian harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Tak hanya itu, pembeli juga mesti memperhatikan apakah produk berlabel “Bebas Pembelian” atau tidak.

Fitur Garansi Bebas Pengembalian disambut baik oleh pembeli karena dapat menjawab persoalan mereka yang kerap galau saat membeli produk. Penerapan fitur ini pada toko online juga dinilai menguntungkan oleh sebagian penjual sebab mereka dapat meningkatkan aspek customer service yang mengundang repeat order.  

Tidak dimungkiri, ada juga penjual yang memiliki respons berbeda. Mereka mempertanyakan kebijakan dalam program ini, memiliki kekhawatiran akan adanya biaya tambahan yang dikenakan bagi penjual, serta pertanyaan bahwa fitur hanya menguntungkan pembeli.

Shopee pun menjawab pertanyaan-pertanyaan penjual terkait keraguan akan fitur Garansi Bebas Pengembalian. Berikut daftarnya.

1. Apabila membeli banyak produk dan hanya satu yang tidak sesuai, apakah harus dikembalikan seluruhnya?

Untuk pertanyaan ini, Shopee menjawab bahwa pembeli tidak perlu mengembalikan semua produk yang dibeli dari satu toko, jika hanya ada satu saja yang tidak sesuai. Pembeli dapat mengembalikan produk yang tidak sesuai saja. Pengembalian dana juga hanya akan diberikan seharga produk yang tidak sesuai saja.

Kebijakan ini sudah berlaku mulai Kamis (15/2/2024). Selain membuat pengembalian produk dan dana lebih adil, kebijakan ini juga membuat penjual tetap memperoleh penghasilan dari produk pesanan lain yang sudah sesuai.

2. Apakah penjual akan kena ongkos kirim berkali-kali dan rugi?

Garansi Bebas Pengembalian kini tidak membebankan ongkos kirim kepada penjual. Apabila ada penjual yang hingga akhir Maret ini dibebani ongkos kirim, Shopee akan mengembalikan dana seharga ongkos kirim 3 hari kerja setelah proses pengembalian ke saldo penjual. Untuk mendapatkan pengembalian dana ini, penjual tidak perlu melakukan apa pun.

3. Bagaimana jika ada oknum pembeli yang curang saat pengembalian produk?

Shopee berusaha sebaik mungkin melindungi penjual dari pembeli “nakal”. Shopee memiliki sistem untuk memantau performa setiap akun. Pembeli wajib menunjukkan bukti berupa video unboxing dan mengikuti syarat ketentuan yang berlaku.